Beranda Tips Trik Cara Mengatasi Hp Xiaomi tidak Bisa Menggunakan Portable Hotspot

Cara Mengatasi Hp Xiaomi tidak Bisa Menggunakan Portable Hotspot

10043
0

Adyblog.com – Berbagi koneksi internet dari smartphone bisa dilakukan dengan mudah menggunakan tethering portable hotspot atau hotspot pribadi. Tidak terkecuali pada Xiaomi, bahkan tethering & portbale hotspot milik Xiaomi lebih lengkap dari smartphone lain. Xiaomi memiliki pengaturan lebih bahkan bisa berbagi dengan kode QR.

Pun begitu, keluhan pengguna selalu ada. Namanya perangkat elektronik pasti ada kesalahan sistem, terutama smartphone yang memiliki kinerja sistem yang lebih rumit. Salah satunya adalah portable hotspot yang tidak bekerja sebagaimana mestinya. Disini saya akan berbagi informasi seputar portable hotspot di Xiaomi, terutama tentang pengaturan yang benar untuk mengatasi tidak bisa tethering di Xiaomi.

Cara Mengatasi Hp Xiaomi tidak Bisa Menggunakan Portable Hotspot

Cara Mengatasi Hp Xiaomi tidak Bisa Menggunakan Portable Hotspot

Sebelumnya saya jelaskan dulu cara yang benar mengaktifkan dan setting portable hotspot Xiaomi. Meskipun saya yakin kamu sudah tau, tapi tidak ada salahnya memeriksa kembali pengaturan kamu apakah sesuai dengan yang saya sampaikan disini atau bukan.

  • Masuk ke Setelan.
  • Pilih Hotspot pribadi (portable hotspot) dan aktifkan.
  • Masuk ke Atur hotspot portabel, isi nama hotspot kamu ada kolom SSID.
  • Selanjutnya pada bagian keamanan pilih WPA2 PSK untuk mengamankan hotpsot kamu agar tidak bisa digunakan oleh sembarangan orang.
  • Isikan sandi keamanan sesuai keinginan.
  • Pada pilihan Pita AP, pilih Pita 2,4 GHz. Pita ini memiliki jangkauan yang lebih jauh, jangan tertipu dengan nilai yang lebih besar.
  • Hotspot portabel kamu siap digunakan.

Pengaturan diatas merupakan yang selalu saya gunakan karena saya menggunakan hotspot pribadi dari Xiaomi Mi Max untuk terhubung ke internet melalui laptop.

Nah, jika kamu memiliki masalah tidak bisa menggunakan hotspot portabel di Xiaomi. Mungkin kamu butuh beberapa sampel. Apakah kamu mencoba menghubungkan ke PC/laptop atau smartphone lain. Kesalahan mungkin saja tidak pada smartphone kamu, bisa pada laptop atau smartphone lain.

Kamu bisa coba menghubungkan smartphone lainnya dengan cara berikut ini.

  • Pastikan hotspot smartphone Xiaomi kamu sudah diaktifkan dengan pengaturan seperti diatas.
  • Pada smartphone lain, buka pengaturan tethering & portable hotspot.
  • Cari jaringan yang tersedia, klik nama jaringan tersebut dan masukkan sandi hotspot kamu.
  • Periksa perangkat terhubung di pengaturan hotspot Xiaomi kamu untuk melihat daftar perangkat yang menggunakan hotspot kamu.

Silahkan coba minimal pada dua smartphone berbeda. Jika tetap tidak bisa terhubung, matikan dulu smartphone kamu, buka setelan hotspot portabel dan ganti SSID dan password hotspot Xiaomi kamu. Sedangkan Pita AP jangan di ubah. Selanjutnya coba lagi.

Sedangkan untuk menghubungkan ke PC/laptop bisa dengan mengikuti cara berikut ini.

  • Aktifkan portable hotspot di Xiaomi kamu.
  • Klik icon jaringan pada PC/laptop kamu yang terletak bagian kanan bawah layar (toolbar).
  • Pilih daftar network sesuai dengan SSID di Xiaomi kamu dan klik Connect.

Menghubungkan ke PC/laptop sudah biasa jika tidak bisa, terutama jika kamu baru install ulang perangkat komputer kamu. Hal ini disebabkan driver yang belum ada atau belum diperbarui. Silahkan download dulu driver-nya. Umumnya menggunakan modem Qualcomm, kamu bisa cari atau minta tukang servis laptop kamu install driver-nya.

Saya sendiri belum pernah menemukan masalah tidak bisa menggunakan portable hotspot di Xiaomi. Menurut saya jika pengaturan sudah benar, kesalahan bukan dari perangkat yang kita gunakan. Tapi, lebih berat ke perangkat penerima.

Cara lain bisa dengan mematikan dulu perangkat kamu atau periksa pembaruan dan perbarui jika tersedia. Dalam paket pembaruan biasanya berisi perbaikan bug dan peningkatan performa. Bukan sebuah rahasia jika sistem lama tidak berfungsi maksimal sehingga harus di upgrade.

Demikian informasi tentang cara mengatasi tidak bisa menggunakan tethering & portable hotspot di Xiaomi. Jika kamu punya sesuatu untuk disampaikan, jangan lupa tulis di kolom komentar.

loading...