Beranda Tips Trik Cara Mengatasi Masalah Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat Android

Cara Mengatasi Masalah Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat Android

870
0

Adyblog.com – Seringkali kita melihat pesan “Tidak cukup ruang pada perangkat” saat menginstall aplikasi baru. Masalah ini sering terjadi pada smartphone yang tidak menyediakan banyak ruang pada penyimpanan internal. Banyaknya aplikasi yang di install membuat ruang kosong semakin sedikit. Tidak hanya itu, cache aplikasi juga semakin mempersempit ruang penyimpanan meski kita tidak menginstall aplikasi baru.

Masalah sudah umum terjadi, tidak hanya pada smartphone keluaran lokal saja yang bisa mengalami hal ini. Bahkan sekelas Samsung, Sony, Xiaomi dan merek lainnya juga bisa mengalami masalah tidak cukup ruang perangkat untuk memasang aplikasi. Yang paling membuat jengkel ketika sudah menghabiskan kuota ternyata aplikasi yang di download di Play Store tidak bisa dipasang di perangkat Android karena tidak cukup ruang pada perangkat.

Cara Mengatasi Masalah “Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat” Android

Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat

Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah ini. Dan kali ini saya akan berbagi tips agar pesan tidak cukup ruang pada perangkat tidak muncul lagi. Disini saya ambil cara mudahnya saja, yaitu tanpa root dan tanpa aplikasi.

1. Mengatasi tidak cukup ruang pada perangkat dengan memindahkan aplikasi ke SD Card

Fitur ini merupakan fitur bawaan smartphone Android, hanya saja tidak semua smartphone memiliki fitur ini. Selain itu, tidak semua aplikasi bisa dipindahkan ke SD Card. Biasanya aplikasi bawaan tidak bisa dipindahkan atau aplikasi yang telah tertanam seperti Facebook dan BBM.

  1. Buka Settings > Penyimpanan (Storage). Kemudian gulir kebawah dan pilih Lokasi penyimpanan ke SD Card. Beberapa smartphone juga memiliki pilihan Pindahkan apps ke SD Card. Silahkan cek semoga smartphone kamu salah satunya. Lainnya,
  2. Buka Settings > Kelola Aplikasi (Manage Aplications). Kemudian pada tab Diinstall (Diunduh) sobat akan melihat banyak aplikasi yang telah di download kedalam perangkat. Pilih salah satu aplikasi. Setelah terbuka kamu akan melihat pilihan “Paksa berhenti, Copot pemasangan, Pindahkan ke SD Card dan Hapus Data”. Klik Pindahkan ke SD Card.

2. Mengatasi tidak cukup ruang pada perangkat dengan membersihkan cache dan data aplikasi

Tidak perlu menghapus aplikasi atau copot pemasangan. Cukup gunakan cara ini maka ukuran aplikasi akan diperkecil sehingga memberikan ruang yang lebih luas pada penyimpanan internal. Cara ini tidak akan menghapus aplikasi karena membersihkan cache dan data aplikasi akan mengosongkan data yang tersimpan dalam aplikasi. Jika menggunakan cara ini pada aplikasi sosial media dan chatting yang terdapat data login, maka setelah cache dan data aplikasi dibersihkan maka kamu harus login kembali jika membuka aplikasi karena data yang direkam aplikasi sudah di hapus.

Mungkin kamu pernah merasa install aplikasi sedikit tapi memori internal penuh. Hal ini disebabkan karena cache dan data aplikasi semakin besar. Misalnya cache untuk aplikasi Instagram, ketika kamu membuka Instagram maka secara otomatis aplikasi akan mengumpulkan cache aplikasi seperti ketika membuka foto. Sehingga membuka foto di Instagram lebih cepat untuk kedua kalinya daripada ketika pertama kali membuka foto tersebut.

Demikianlah Cara Mengatasi Masalah Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat Android. Jangan lupa kembali lagi ke Adyblog.com untuk mendapatkan tips lain seputar Android.

loading...