Cara Mengatasi Tidak Bisa Download Aplikasi di Play Store

0
Cara Mengatasi Tidak Bisa Download Aplikasi di Play Store

Adyblog.comTidak bisa download aplikasi di Play Store menjadi masalah yang sangat menjengkelkan. Bagaimana tidak, ketika ingin menambah aplikasi baru hanya muncul memasang atau mendownload saja, namun aplikasi tak kunjung berhasil di download.

Masalah seperti ini sering terjadi pada aplikasi Play Store yang tidak di setting dengan benar sehingga banyak pembaruan aplikasi yang menumpuk sehingga membuat Play Store menjadi berat. Berikut ini saya akan berikan informasi tentang beberapa masalah tidak bisa install aplikasi di Play Store.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Download Aplikasi di Play Store

Cara Mengatasi Tidak Bisa Download Aplikasi di Play Store

Berikut penyebab dan cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa di download, diperbarui di Play Store.

1. Pembaruan otomatis aplikasi

Pada pengaturan Play Store seringkali pembaruan otomatis aplikasi diaktifkan sehingga banyak aplikasi yang mengantri untuk diperbarui. Hal semacam ini akan membuat Play Store berat sehingga kita tidak bisa menambah aplikasi baru.

Cara mengatasi masalah ini bisa dengan cara, buka Play Store, masuk ke Menu dan pilih Setelan. Pada Setelan Umum klik Perbarui aplikasi secaraa otomatis, dan pilih Jangan perbarui aplikasi secara otomatis. Dan, silahkan coba download aplikasi baru.

2. Aplikasi tidak bisa diperbarui

Masalah aplikasi tidak bisa diperbarui ini sebenarnya jarang terjadi. Namun, buka berarti tidak pernah terjadi. Penyebab dari masalah ini biasanya aplikasi rusak karena sudah tidak lama diperbarui.

Cara memperbaiki aplikasi yang tidak bisa diperbarui tanpa men-download ulang aplikasi, bisa dengan cara menghapus cache aplikasi.

Caranya masuk ke Manager aplikasi, aplikasi terinstal atau terunduh. Beda smartphone beda menu tentunya. Selanjutnya pilih salah satu aplikasi, kemudian klik Hapus data dan Hapus cache untuk membersihkan data yang menjadi penyebab rusaknya aplikasi. Sekarang tinggal masuk ke Play Store dan perbarui aplikasi.

3. Banyaknya sampah aplikasi

Setiap smartphone memiliki sampah dari file yang tidak kita ketahui. Oleh sebab itu gunakan aplikasi pembersih seperti Clean Master untuk membersihkan sampah atau file aplikasi yang memenuhi perangkat.

Bagi teman-teman pengguna Xiaomi cukup masuk ke aplikasi keamanan untuk membersihkan berkas sampah yang terdeteksi oleh aplikasi pembersih.

Jika semua cara diatas tidak bisa memperbaiki masalah ini. Cara terakhir adalah reboot smartphone atau kembali ke pengaturan pabrik.

Demikian informasi tentangĀ Cara Mengatasi Tidak Bisa Download Aplikasi di Play Store ini. Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu menyelesaikan masalah pada smartphone teman-teman. Jika ada sesuatu yang ingin disampaikan, silahkan tulis di kolom komentar.

Loading...