Beranda Tips Trik Cara Mudah Mengubah Format Video di Android

Cara Mudah Mengubah Format Video di Android

195
0

Adyblog.comCara mengubah format video di Android. Banyak alasan mengapa format video harus diubah. Salah satu alasan yang paling umum adalah masalah mendukung atau tidak video tersebut di sebuah perangkat. Bisa juga karena alasan kualitas video itu sendiri serta besaran file video berdasarkan format video.

Untuk alasan semacam itu banyak orang memilih untuk mengubah format video. Terlebih jika video tersebut ingin di upload ke situs video sharing seperti Youtube, sosial media seperti Facebook atau yang sedang naik daun Instagram. Pengguna tidak ingin ukuran file yang besar karena lama dan menghabiskan banyak kuota. Oleh sebab itu, mengubah ekstensi atau format video bisa menjadi solusi untuk mendapatkan kualitas video yang baik dengan ukuran yang kecil.

Cara Mudah Mengubah Format Video di Android

Cara Mudah Mengubah Format Video di Android

Selain ingin mengubah format video, mungkin ada pertanyaan tentang format video yang bagus agar kualitas video bagus dan memiliki ukuran file yang tidak terlalu besar alias kecil.

Format video yang bagus adalah H.264 pada mp4. Biasanya saya merekam layar smartphone ketika bermain game agar menjadi sebuah video gameplay. Video tersebut akan saya upload ke Youtube. Saya ingin video tersebut memiliki kualitas yang bagus dengan ukuran file yang kecil. Saya memilih mengubah format H.264 pada kualitas tinggi menggunakan aplikasi Video Format Factory dengan cara berikut ini.

  • Download aplikasi Video Format Factory di Play Store.
  • Buka aplikasi, klik ikon tambah untuk menambahkan video dari penyimpanan.
  • Selanjutnya pilih format video. Saya menggunakan Format Factory premium atau pro version jadi lebih banyak pilihan ekstensinya.
  • Untuk hasil video yang bagus silahkan pilih H264.
  • Klik Convert, tunggu proses rendering selesai.

Dari hasil mengubah format video menggunakan Format Factory, saya menghasilkan kualitas video yang bagus dengan ukuran file yang tadinya 1 GB menjadi sekitar 300an MB.

Aplikasi Android ini sangat membantu, terutama bagi teman-teman yang suka upload video atau seorang Youtuber.

Tidak hanya mengubah video ke format Mp4 saja, teman-teman juga bisa mengubah format ke AVI, Flv, Wmv dan format video lainnya. Selain itu, teman-teman juga bisa mengubah Audio only atau mengubah video ke format Mp3.

Demikian informasi tentang cara mengubah format video di Android. Semoga informasi ini bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin disampaikan, silahkan tulis di kolom komentar.

loading...