Beranda Tips Trik Cara Setting Ganjil Genap di Google Maps

Cara Setting Ganjil Genap di Google Maps

Pemerintah Jakarta resmi mengeluarkan peraturan ganjil-genap guna mengurangi kemacetan di sebagian wilayah ibukota. Dengan adanya peraturan untuk pelat nomor ganjil-genap, pengguna jalan ibukota bisa menyesuaikan kendaraan mereka melintas di wilayah ganjil-genap.

Pada saat hari peresmian peraturan ganjil-genap, beberapa wilayah Jakarta memang macet parah karena banyak pengendara yang mengaku belum mengetahui peraturan tersebut. Alhasil banyak pengendara yang harus menerima sanksi tilang oleh petugas.

Cara Setting Pelat Nomor Ganjil Genap di Google Maps

Cara Setting Pelat Nomor Ganjil Genap di Google Maps

Nah, sekarang kamu tidak perlu takut ditilang karena salah masuk jalur kendaraan. Dengan menggunakan aplikasi bawaan Android yakni Google Maps, kamu bisa memilih jalur ganjil-genap yang tepat. Jadi tidak ada lagi kena tilang guys.

Nantinya Google Maps akan mencarikan jalur yang tepat untuk kamu lalui, tentunya berdasarkan pelat nomor yang telah didaftarkan di aplikasi Google Maps.

Lalu, bagaimana cara setting pelat nomor ganjil-genap di Google Maps? Simak caranya berikut ini:

  • Download Google Maps di Play Store jika belum punya.
  • Masuk ke aplikasi Google Maps, buka Menu di pojok kiri, pilih Settings (Setelan).
  • Setelah itu, cari Navigation settings (Setelan navigasi) kemudian masuk ke dalam opsi tersebut.
  • Selanjutnya pilih Avoid odd-even traffic fines (Hindari jalan dengan aturan pelat nomor ganjil genap) untuk mengatur pelat nomor ganjil-genap yang kamu miliki.
  • Jika muncul pop-up menu Save your car’s license plate type, centang odd plate untuk pelat nomor ganjil atau even plate untuk pelat nomor genap.
  • Terakhir klik Save untuk menyimpan pengaturan.

Jika di kemudian hari kamu ingin mengganti pelat nomor yang terdaftar, kamu bisa menggantinya dengan cara yang sama dengan cara di atas.

Setelah kamu mendaftarkan pelat nomor kendaraan kamu di Google Maps, maka aplikasi ini akan mengarahkan jalur ganjil-genap yang sesuai dengan pelat nomor yang telah didaftarkan.

Baca juga: 5 Aplikasi GPS Penunjuk Jalan Android Terbaik

Aplikasi Google Maps memang sangat membantu dalam menunjukkan arah termasuk kondisi jalan macet. Bahkan tanpa kamu mengatur pelat nomor ganjil genap pun aplikasi milik Google ini tetap akan menampilkan peringatan jika kamu berada di wilayah yang memiliki peraturan ganjil-genap.

Loading...