Paduan Pengaturan Hotspot Portabel Xiaomi [MIUI 10]

hotspot portabel xiaomi
CNET

Hotspot portabel di Xiaomi biasanya digunakan untuk berbagi koneksi internet antar smartphone lain atau ke perangkat lain seperti PC/laptop. Penggunaan hotspot portabel menjadi pilihan karena selain praktis, berbagi koneksi juga lebih cepat dan aman.

Meski demikian, terkadang masih banyak yang belum memanfaatkan fitur ini sepenuhnya. Alhasil masih banyak yang kecolongan, sehingga perangkat lain mudah terhubung dan mendapatkan koneksi internet gratis.

Nah, fitur hotspot portabel di Xiaomi bisa diatur agar lebih aman. Baik dari perangkat yang kamu izinkan maupun tidak. Bahkan kamu bisa membatasi jumlah kuota yang dibagi maupun jumlah perangkat yang boleh terhubung dengan WiFi Hotspot Portabel kamu.

Berikut paduan menggunakan hotspot portabel di Xiaomi (MIUI 10).

Cara mengaktifkan hotspot portabel di Xiaomi

Saya yakin kamu sudah tahu cara mengaktifkan hotspot di Xiaomi. Sebagai informasi, cara mengaktifkan hotspot bisa menyeret layar dari atas kebawah kemudian ketuk ikon toggle hotspot portabel. Atau mengaktifkan melalui menu Setelan.

Mengatur hotspot portabel Xiaomi

Paduan hotspot portabel xiaomi

Masuk ke Setelan, Hotspot portabel, Atur hotspot portabel. Pada bagian SSID silahkan isi nama Hotspot kamu. Pada bagian Keamanan silahkan pilih WPA2 PSK, selanjutnya isi password hotspot kamu di kolom Sandi.

Sedangkan bagian Identifikasi perangkat kamu bisa memilih Hotspot portabel. Kemudian untuk bagian Pilih pita AP silahkan pilih Pita 2,4 GHz untuk jangkauan yang lebih luas kurang lebih 10 meter.

Baca juga  Trik Mengambil Foto Dengan Xiaomi Menggunakan Mode Manual

Atau pilih Pita 5 GHz untuk kecepatan berbagi yang lebih tinggi namun memilih jangkauan yang lebih dekat. Perlu diperhatikan bahwa tidak semua perangkat bisa terhubung jika memilih Pita 5 GHz. Saya menggunakan Pita ini untuk terhubung ke laptop sebagai modem.

Selain itu, Pita 5 GHz tidak mendukung semua perangkat sehingga aman dari perangkat lain yang mencoba terhubung dengan hotspot kita.

Membatasi jumlah data (kuota) yang dibagikan melalui hotspot portabel Xiaomi

Paduan hotspot portabel xiaomi

Selanjutnya kembali ke menu awal Hotspot portabel atau dengan cara buka Setelan, pilih Hotspot portabel. Selanjutnya masuk ke opsi Batas data satu kali. Silahkan aktifkan Batas data satu kali, kemudian atur ukuran data yang dibagikan, misalnya 500 MB.

Selanjutnya pada opsi Saat terlampaui pilih Matikan dan beritahu. Dengan begitu, hotspot otomatis dimatikan setelah berbagi data sebesar 500 MB.

Selain itu, kamu juga bisa mengatur opsi Saat terlampaui ke pilihan Hanya beritahu. Kamu akan diberitahu ketika hotspot telah berbagi data sebesar 500 MB, namun hotspot tidak dimatikan .

Dengan menggunakan fitur ini kamu tidak perlu khawatir perangkat yang terhubung ke WiFi hotspot kamu akan menghabiskan banyak kuota.

Membatasi jumlah perangkat yang terhubung ke hotspot portabel Xiaomi

Paduan hotspot portabel xiaomi

Selain membatasi jumlah data yang dibagikan, membatasi jumlah perangkat terhubung juga bagian dari keamanan hotspot portabel Xiaomi. Jika kamu tidak ingin banyak perangkat yang terhubung ke hotspot kamu, maka kamu bisa membatasinya.

Baca juga  Cara Membuat Video Time Lapse Menggunakan HP Xiaomi

Caranya masuk ke Setelan, Hotspot portabel dan pilih Perangkat terhubung. Silahkan masuk ke opsi Batas perangkat terhubung, kemudian pilih jumlah perangkat.

Harap diperhatikan bahwa paduan ini diuji pada smartphone Xiaomi yang menjalankan MIUI 10. Fitur bisa saja berbeda tergantung versi MIUI yang digunakan. Jika ada pertanyaan, jangan ragu tulis di kolom komentar.

Loading...