Solusi untuk Masalah Tidak Bisa Video Call di LINE

0
Solusi untuk Masalah Tidak Bisa Video Call di LINE

Adyblog.comCara mengatasi tidak bisa video call LINE di smartphone Android. Salah satu aplikasi video call yang paling banyak digunakan adalah LINE. Meskipun sekarang Whatsapp sudah mendukung panggilan video, tetap saja aplikasi yang satu ini menjadi pilihan banyak pengguna smartphone Android. Namun, menggunakan LINE bukan tanpa masalah. Ada beberapa pengguna yang tidak bisa melakukan video call menggunakan LINE sehingga merasa bingung dan mencari solusi untuk mengatasi masalah ini.

Kebanyakan pengguna Xiaomi yang mengalami masalah ini karena Xiaomi terkadang menerapkan izin aplikasi secara manual, terutama yang bersifat pribadi. Aplikasi LINE meminta untuk mengakses kamera, sementara izin hanya diberikan secara manual oleh pengguna. Berikut solusi untuk mengatasi masalah tidak bisa video call di LINE Android.

Cara mengatasi tidak bisa video call di LINE Android

Solusi untuk Masalah Tidak Bisa Video Call di LINE

Silahkan simak beberapa cara berikut ini:

1. Mengubah izin aplikasi

Sebuah aplikasi memiliki izin atau permission untuk mengakses sistem tertentu, salah satunya adalah kamera. Kamu cukup masuk ke Manager Aplikasi untuk mengubah izin mengakses Kamera. Jika menggunakan Xiaomi, silahkan masuk ke Aplikasi Terinstal, pilih LINE, kemudian pada Kelola Perizinan aktifkan Kamera atau mengizinkan aplikasi LINE mengakses kamera untuk melakukan video call.

Sedangkan pada perangkat lain, misal Samsung. Masuk ke Aplikasi atau Manager Aplikasi, pilih LINE kemudian pilih Kamera untuk mengizinkan aplikasi mengakses kamera.

2. Hapus cache dan data aplikasi

Terkadang kita sepele dengan pembaruan aplikasi. Padahal, developer meningkatkan kualitas dan performa sebuah aplikasi melalui pembaruan yang mereka berikan. Nah, tidak bisa video call di LINE bisa jadi karena masalah banyaknya bug pada aplikasi yang sudah lama tidak diperbarui atau memang terjadi kesalahan aplikasi oleh sistem smartphone.

Silahkan masuk ke Manager aplikasi atau Aplikasi terunduh seperti pada cara pertama. Pilih aplikasi LINE, kemudian hapus cache, dan hapus data aplikasi. Bersihkan aplikasi yang berjalan di latar belakang dengan cara masuk ke recent apps dengan mengakses tombol dengan ikon garis 3 disamping tombol Home. Bersihkan semua aplikasi dan buka kembali aplikasi LINE dan login menggunakan akun kamu.

3. Instal ulang aplikasi LINE

Cara ketiga ini kita lakukan jika kedua cara diatas tetap tidak berhasil. Instal ulang aplikasi LINE dengan cara hapus dan download kembali LINE di Play Store.

4. Pembaruan, Instal ulang atau kembali ke pengaturan awal

Reset atau kembali ke pengaturan awal smartphone jika semua langkah diatas tidak bisa mengatasi masalah ini. Besar kemungkinan ada kesalahan sistem sehingga LINE tidak bisa mengakses kamera. Namun, sebelumnya periksa terlebih dahulu apakah ada pembaruan pada antarmuka smartphone kamu.

Bisa jadi ada pembaruan termasuk perbaikan kamera sehingga tidak bisa melakukan video call di LINE maupun pada aplikasi video call lainnya. Jika tidak ada pembaruan, silahkan reset smartphone kamu dengan kembali ke pengaturan awal.

Baca juga: Tidak Bisa Video Call di Xiaomi? Ini Cara Mengatasinya

Demikianlah informasi tentang cara mengatasi tidak bisa video call di LINE Android ini. Jika ada sesuatu untuk disampaikan, jangan lupa tulis di kolom komentar.

Loading...