Beranda Tips Trik Tips Mendapatkan Foto yang Bagus Menggunakan Xiaomi

Tips Mendapatkan Foto yang Bagus Menggunakan Xiaomi

852
0

Adyblog.com – Mendapatkan focus yang diinginkan dari smartphone Xiaomi sangat mudah menurut saya, yang penting kita harus mengikuti aturan yang ada dan memperhatikan batasan kemampuan kamera untuk menghasilkan gambar. Beberapa smartphone Xiaomi cukup bisa diandalkan, bahkan semua produk mereka memiliki kinerja yang sama baiknya, terutama dalam hal kamera. Auto focus bekerja dengan baik dan mudah digunakan, begitu pula dengan focus manual. Berbeda dengan smartphone lainnya yang pernah saya gunakan, mendapat blur di background sangat sulit, yang ada malah objeknya yang blur sementara focus pada background.

Kemampuan ponsel sudah pasti terbatas dan sangat jauh berbeda dengan kamera DSLR. Jadi, jangan berharap bisa membuat foto blur di backgraund dengan sempurna layaknya menggunakan DSLR karena hal itu tidak mungkin bagi ponsel tanpa tambahan lensa. Semua ada aturannya, untuk mendapatkan focus yang tepat pada foto harus memahami kemampuan dan batasan kamera ponsel yang digunakan. Meski tanpa lensa tambahan, kita bisa membuat foto blur di background dengan sangat baik. Saya akan berbagi tips agar kamu bisa mendapatkan foto blur di background sesuai keinginan.

Tips Mengambil Foto yang Bagus Menggunakan Xiaomi

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa membantu kamu dalam menghasilkan foto yang bagus menggunakan Xiaomi, terutama untuk membuat foto blur di background atau biasa disebut “Bokeh” dan termasuk tips menggunakan auto focus dengan benar.

Memilih objek foto yang tepat

Seperti yang saya katakan di atas, kemampuan kamera ponsel terbatas. Jika kamu ingin membuat foto efek blur di background kamu harus memilih objek yang tepat. Untuk objek yang besar seperti manusia sangat sulit untuk membuat efek blur di latar belakang karena objek terlalu besar sehingga kamera dengan lensa kecil sangat sulit untuk menentukan focus. Jadi, pilih hanya objek berukuran kecil saja.

Memahami jarak objek dengan kamera

Smartphone Xiaomi memang memiliki kemampuan focus yang baik jika dibandingkan dengan smartphone lain pada umumnya. Namun, untuk mendapatkan focus sesuai keinginan, kamu harus mengetahui bahwa jarak objek dengan kamera hanya maksimal 1 meter agar kamera bisa menangkap objek dengan baik.

Memahami cahaya di sekitar

Untuk menghasilkan foto yang bagus kamu harus memahami tentang pencahayaan, jangan mengambil foto tanpa memikirkan cahaya sekitar karena ini akan berdampak pada hasil foto. Jika kamu mengambil foto dengan kamera menghadap cahaya, maka gunakan fitur HDR pada tingkat yang sesuai. Kamu juga bisa menggerakkan smartphone untuk menentukan posisi yang bagus agar menghasilkan foto yang sempurna.

Tips Mengambil Foto yang Bagus Menggunakan Xiaomi

Kamu bisa melihat gambar Kiki Fitriani di atas bagaimana saya mengambilnya dengan kamera menghadap cahaya. Foto tersebut akan lebih baik lagi jika cahaya di background lebih kuat atau ruangan sedikit lebih gelap.

Selalu gunakan mode manual

Mengapa menggunakan mode manual sangat disarankan? Secara kinerja, mode manual bisa di sebut sebagai pekerja yang konsisten, ia tidak berubah oleh pengaruh cahaya sekitar. Menggunakan mode auto membuat kamera berubah-ubah dalam waktu singkat karena sensor membaca cahaya sekitar kita. Hal ini terjadi karena perubahan cahaya yang terekam oleh sensor serta gerakan kamera yang berubah karena kita pegang dengan tangan.

Gunakan tripod atau letakkan smartphone

Untuk menghasilkan foto yang bagus selalu gunakan tripod agar kamera tidak goyang saat melakukan pengambilan foto. Selain itu, bisa letakkan smartphone pada suatu tempat saat pengambilan gambar. Agar lebih sempurna, selalu gunakan timer untuk menghindari kamera goyang saat menekan tombol shutter.

Tips Mendapatkan Foto Blur di Background Menggunakan Xiaomi

Ada 2  cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan foto blur menggunakan Xiaomi. Kamu tinggal memilih cara mana yang lebih mudah dan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik kamu bisa kembali membaca beberapa tips di atas.

Cara pertama, Auto Focus

Mengambil foto blur di latar belakang bisa dengan menggunakan auto focus. Cara menggunakan auto focus Xiaomi cukup mudah, dekatkan ponsel pada objek kemudian buka aplikasi kamera Xiaomi. Jika tidak bekerja dengan baik, kamu bisa menyentuh bagian mana dalam foto yang ingin menjadi focus. Ingat, untuk mendapatkan focus yang baik harus pada objek yang tepat. Baca kembali tips di atas untuk mendapatkan hasil yang bagus.

Cara kedua, Focus Manual atau Magic Focus

Menggunakan focus manual tidak jauh berbeda dengan mode auto yang kita gunakan, malah saya merasa sama saja dengan auto focus dimana kita harus menyentuh bagian dalam foto yang akan dijadikan focus. Focus manual sama saja dengan mode manual. Tapi, ada yang beda jika kamu menggunakan Magic Focus atau Focus Ulang. Mode magic focus bisa mengubah fokus meski foto telah di simpan. Sebagai contoh, kamu foto sebuah objek yang kecil misalnya botol, foto dengan menggunakan Magic Focus atau Fokus Ulang. Foto dengan jarak dekat agar foto blur di background, selanjutnya buka galeri cari foto tersebut. Foto menggunakan fokus ulang akan ditandai dengan tulisan Magic Focus pada bagian kanan atas foto. Untuk lebih jelas bisa melihat video berikut.

https://www.youtube.com/watch?v=DZ0iOZESuA4

Demikianlah tips mengambil foto yang bagus menggunakan Xiaomi. Ada banyak tips seputar Xiaomi yang pernah saya tulis, kamu bisa melihatnya di tag Xiaomi. Jika tips ini bermanfaat, silahkan untuk share tulisan ini ke sosial media atau grup-grup Xiaomi.

loading...