Beranda Tips Trik Trik Mengambil Foto Dengan Xiaomi Menggunakan Mode Manual

Trik Mengambil Foto Dengan Xiaomi Menggunakan Mode Manual

17321
0

Mengambil foto menggunakan Xiaomi memang lebih mudah jika dibandingkan dengan smartphone lainnya. Menurut saya fitur pada kamera Xiaomi benar-benar berfungsi sebagaimana mestinya. Autofocus berfungsi baik, apalagi jika mengambil gambar dengan background (latar belakang) blur. Dari beberapa smartphone Xiaomi saya sudah mencoba Xiaomi Mi 4i dan Xiaomi Redmi 2. Meski berbeda kualitas kamera, namun untuk Xiaomi Redmi 2 masih menghasilkan gambar yang bagus.

Untuk hasil terbaik dalam mengambil gambar, Xiaomi Mi4 dan Mi 4i sangat bagus, terutama bagi kamu yang suka dengan foto blur di bagian background. Mengambil gambar blur sangat mudah menggunakan Xiaomi Mi 4i, meski kamu menggunakan fitur manual, hasil foto tetap bagus. Menurut saya untuk menghasilkan gambar blur background, mode manual dan autofocus sama saja, keduanya sama-sama bisa menghasilkan background buram seperti menggunakan kamera DSLR.

IMG_20150911_124556

Contoh gambar hasil kamera Xiaomi Mi 4i bisa kamu lihat pada artikel yang pernah saya tulis beberapa waktu yang lalu. Ada beberapa foto yang saya masukkan dalam artikel yang di ambil dari kamera smartphone Xiaomi Mi 4i milik saya sendiri.

Baiklah, untuk trik mengambil foto dengan Xiaomi Mi 4i dan ponsel Xiaomi lainnya kamu bisa menggunakan mode manual. Disini saya akan berbagi tips trik mengambil foto yang bagus menggunakan Xiaomi Mi 4i mode manual.

  1. Buka aplikasi kamera Xiaomi kamu
  2. Geser ke kanan untuk masuk ke menu, pilih “Manual”
  3. Pada mode manual, kamu setting fokus ke auto, untuk ISO gunakan 100 saja, waktu cahaya set ke auto
  4. Untuk keseimbangan warna kamu bisa set ke pijar, neon atau auto, tergantung kondisi cahaya disekitar kamu.
  5. Jika ingin mengambil foto blur di bagian background, sentuh layar tepat dimana fokus yang kamu inginkan. Selanjutnya tinggal mengatur jarak kamera ke objek foto.

https://www.youtube.com/watch?v=DZ0iOZESuA4

Dibawah ini saya berikan contoh foto hasil Xiaomi Mi 4i dengan pengaturan seperti yang saya jelaskan di atas. Foto ini di ambil dalam ruangan, karena kamera menghadap cahaya (backlight) maka saya mengaktifkan fitur HDR ke pro. Fitur imbang putih saya setel ke “berawan”.

Trik Mengambil Foto Dengan Xiaomi

Jika kamu mengambil gambar dengan Xiaomi dan hasilnya tidak jelas atau buram, coba jaga kestabilan smartphone kamu untuk mendapatkan hasil yang baik. Bisa gunakan tripod atau menempatkan smartphone kamu pada suatu tempat agar tidak goyang. Untuk mendapatkan hasil terbaik, berikut saya berikan sedikit tips agar hasil foto dari kamera hp menjadi lebih bagus.

Tips: Gunakan tripod untuk hasil lebih baik atau letakkan ponsel kamu pada suatu tempat dimana kamu ingin mengambil foto. Selalu memotret dengan menggunakan timer. Hal ini bertujuan agar ponsel tidak goyang, biasanya ponsel menjadi tidak stabil ketika kita menekan tombol shutter. Oleh karena itu selalu gunakan timer.

Bagi kamu yang sudah upgrade Xiaomi Mi 4i ke MIUI 7, kamu bisa membaca cara mengganti font pada Xiaomi Mi 4i MIUI 7.

Itulah sedikit tips dan trik menggunakan kamera ponsel Xiaomi. Semoga tips yang saya berikan disini bermanfaat dan kamu bisa menghasilkan foto yang bagus dari smartphone Xiaomi yang kamu miliki. Selamat mencoba.