Beranda Tips Trik Tips Menjaga Smartphone Android Agar Awet dan Tahan Lama

Tips Menjaga Smartphone Android Agar Awet dan Tahan Lama

16
0

Adyblog.com – Siapa saja tentu ingin memiliki smartphone yang tidak mudah rusak agar bisa lebih lama digunakan. Menjaga smartphone dengan sebaik-baiknya adalah faktor utama agar smartphone tidak cepat rusak. Selain itu, cara penggunaan yang kurang benar juga harus menjadi fokus penting jika kamu ingin memiliki smartphone yang awet dan tahan lama.

Disini saya punya beberapa tips berdasarkan pengalaman pribadi saya dalam menggunakan smartphone Android. Beberapa cara penggunaan yang baik tetap saya terapkan pada merek apapun dari smartphone yang saya gunakan. Meskipun penggunaan sudah berjalan selama satu tahun, smartphone yang saya gunakan belum terlihat jelas perbedaan sejak pertama menggunakan, terutama soal daya tahan baterai.

Tips Menjaga Smartphone Android Agar Awet dan Tahan Lama

tips menjaga smartphone agar awet

Saya mulai dari tips dasar dulu karena bagaimanapun baiknya cara penggunaan, jika tidak bisa menjaga dengan baik maka smartphone kamu tidak akan lama kamu gunakan. Berikut tips menjaga smartphone Android agar awet dan tahan lama.

1. Menjaga smartphone sebaik mungkin

Saat ini smartphone adalah barang yang tidak pernah lepas dari genggaman. Namun bukan berarti kita tidak pernah lupa akan barang yang satu ini. Meletakkan pada sembarang tempat bisa berakibat kamu kehilangan smartphone. Alhasil, kamu tidak akan lama menggunakannya.

2. Pahami kondisi sekitar atau tempat meletakkan smartphone

Smartphone sama dengan perangkat elektronik lainnya yang apabila terlalu lama digunakan akan memanas. Jika kamu menggunakan smartphone pada tempat atau kondisi cuaca yang panas, maka smartphone akan lebih cepat panas. Begitu pula jika kamu meletakkan smartphone kamu pada tempat yang panas. Kondisi ini bisa menyebabkan rusaknya komponen yang ada dalam smartphone.

3. Hentikan penggunaan yang berlebihan

Penggunaan yang lama menyebabkan smartphone panas. Namun, beberapa pengguna tidak menyadari bahwa smartphone mereka panas karena menggunakan case pelindung. Suhu smartphone akan meningkat saat bermain game, terutama game online. Jika kamu suka bermain game online, sebaiknya batasi penggunaan yang terlalu lama. Tidak ada salahnya kamu istirahatkan sebentar dan membersihkan aplikasi yang berjalan di latar belakang untuk meringankan kerja sistem.

4. Jangan gunakan smartphone selama mengisi daya

Selain membuat smartphone cepat rusak, penggunaan yang berlebihan saat mengisi daya juga dapat merusak baterai smartphone. Jika hanya mengecek pemberitahuan saja tidak masalah. Namun jangan gunakan untuk aktivitas seperti menelepon dan bermain game. Selama pengisian daya suhu smartphone meningkat dan akan terus naik jika kamu menggunakan untuk bermain game dan menelepon.

5. Hapus aplikasi yang jarang digunakan

Memiliki smartphone dengan kapasitas penyimpanan internal yang besar bukan berarti kamu bebas menginstall banyak aplikasi. Meskipun jarang digunakan, sistem tetap akan memproses aplikasi terutama yang memiliki izin mengakses jaringan. Sebaiknya copot aplikasi yang jarang digunakan untuk mengoptimalkan kinerja smartphone.

Baca juga: Cara Mengambil Foto Blur (Bokeh) Seperti DSLR Pakai HP Xiaomi

Demikian tips menjaga smartphone agar awet dan tahan lama. Ingin membaca yang lain silahkan masuk ke kategori Tips Trik. Semoga bermanfaat.

loading...