Cara Mengaktifkan Pusat Kontrol Baru di Xiaomi MIUI 12

Cara Mengaktifkan Pusat Kontrol Baru di Xiaomi MIUI 12

Ponsel Xiaomi kamu sudah upgrade ke MIUI 12 namun masih menggunakan pusat kontrol lama yang masih bergabung dengan bar notifikasi? Jika iya, maka kamu perlu mengubah pusat kontrol ke versi terbaru.

Saat geser dari atas ke bawah dari sisi kanan layar, maka akan muncul pusat kontrol. Sedangkan geser dari sisi kiri layar, maka akan muncul pusat notifikasi. Pusat kontrol terbaru di MIUI 12 lebih bergaya, mirip pusat kontrol di iPhone.

Meski tidak diaktifkan secara default setelah upgrade ke MIUI 12. Namun, kamu perlu mengaktifkan pusat kontrol baru karena punya desain yang mantap, bersih dan bergaya kekinian.

Selain itu, masuk ke menu pengaturan tiap pintasan lebih mudah dengan tekan dan tahan pada salah satu pintasan yang ada di pusat kontrol.

Lalu, bagaimana cara mengaktifkan pusat kontrol terbaru di MIUI 12? Caranya sangat muda, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara Mengaktifkan Pusat Kontrol Baru di MIUI 12

  • Pergi ke Pengaturan.
  • Lalu pilih Tampilan.
  • Kemudian masuk ke Pusat Kontrol & Layar notifikasi.
  • Terakhir, aktifkan opsi Gunakan Pusat kontrol yang baru.

Sekarang kamu sudah menggunakan pusat kontrol yang baru. Untuk cara menggunakan pusat kontrol MIUI 12, yaitu geser/tarik layar dari atas ke bawah dimulai dari sisi kanan atas layar.

Sedangkan untuk membuka notifikasi, tarik dari atas ke bawah dimulai dari sisi kiri atas layar. Pada tampilan tertentu seperti halaman depan, kamu tidak perlu geser dari sudut atas, cukup geser dari tengah di sisi kiri atau kanan layar.

Baca juga  Cara Mengaktifkan Dark Mode Instagram di Xiaomi

Adakah kelebihan dan kekurangan pusat kontrol baru di MIUI 12? Ya, tapi lebih ke kebiasaan saja. Misalnya, kamu terbiasa tarik layar dari atas untuk membuka notifikasi, yang terbuka malah pusat kontrol.

Wajar saja, karena kebanyakan orang menggunakan smartphone dengan tangan kanan. Tapi hanya di awal saja, setelah terbiasa pola penggunaan akan lebih menyenangkan.

Sedangkan kelebihan dari pusat kontrol baru ini tentu saja dari segi desain. Tak heran jika fitur terbaru dari MIUI 12 ini termasuk yang paling ditunggu para Mi Fans.

Selain itu, tampilan bersih karena terpisah dari notifikasi. Lainnya termasuk kustomisasi pintasan, kamu bisa tambahkan atau kurangi pintasan yang ada di pusat kontrol terbaru MIUI 12 ini.

Kesimpulan

Pusat kontrol terbaru ini wajib kamu aktifkan. Sayang jika sudah upgrade ke MIUI 12 tapi tidak menggunakan salah satu fitur terbarunya. Desain pusat kontrol ini lebih kekinian, tidak membosankan.

Ini perubahan penting menurut saya yang seharusnya sudah dilakukan Xiaomi sejak MIUI 11. Bagi kamu yang belum kebagian update ke MIUI 12 jangan khawatir. Tunggu saja karena update diberikan secara bertahap.