Cara Screenshot 3 Jari di HP Xiaomi MIUI 12

Cara Screenshot 3 Jari di HP Xiaomi MIUI 12

Setelah update ke MIUI 12 smartphone Xiaomi semakin keren saja. Kamu mungkin sudah tahu fitur-fitur apa saja yang ada di MIUI 12. Entah itu fitur tambahan atau pembaruan fitur yang sudah ada sebelumnya.

Salah satu fitur yang cukup penting dan jangan sampai tidak digunakan, yakni screenshot 3 jari. Fitur ini sudah ada sejak beberapa versi MIUI terdahulu. Bagi kamu yang sudah lama menggunakan Xiaomi pasti sudah tak asing lagi.

Nah, bagi yang baru menggunakan Xiaomi dan langsung merasakan MIUI 12 atau yang belum pernah menggunakan screenshot 3 jari sama sekali. Berikut ini cara mengaktifkan screenshot 3 jari di Xiaomi MIUI 12.

Cara Aktifkan Screenshot 3 Jari di Xiaomi MIUI 12

  • Buka Setelan ponsel Xiaomi yang kamu gunakan.
  • Berikutnya masuk ke menu Setelan tambahan.
  • Kemudian pilih menu Pintasan tombol.
  • Selanjutnya dalam menu Pintasan tombol, kamu bisa pilih opsi Ambil screenshot.
  • Terakhir, pilih Geser ke bawah dengan 3 jari.
Cara Screenshot 3 Jari di HP Xiaomi MIUI 12

Ya, saat dalam menu Ambil screenshot kamu bisa melihat beberapa pilihan lainnya. Jika ada yang lebih baik dari screnshot 3 jari, kamu bisa pilih opsi lainnya.

Tapi menurut saya, screenshot 3 jari adalah yang terbaik dari 6 pilihan lainnya. Meski begitu, tidak ada salahnya mencoba pilihan lainnya untuk memastikan mana yang lebih nyaman digunakan.

Cara Menggunakan Screenshot 3 Jari

Sangat mudah, cukup usap layar ke bawah menggunakan tiga jari untuk mengambil screenshot. Selanjutnya akan muncul gambar kecil di bagian kanan atas layar sebagai bukti pengambilan screenshot berhasil.

Baca juga  Cara Screenshot di Realme C3 (Screenshot 3 Jari, Screenshot Panjang dan Screenshot Tombol)

Dari gambar kecil tersebut kamu bisa melakukan beberapa tindakan. Jika ingin langsung mengedit hasil screenshot bisa ketuk gambar kecil tersebut. Ketuk kirim jika ingin langsung mengirim gambar ke sosial media.

Jika kamu mengambil screenshot pada halaman yang bisa digulir ke bawah, maka akan muncul pilihan Gulir untuk mengambil screenshot panjang.

Kembali ke fitur MIUI 12, salah satu yang paling dinantikan yaitu Pusat kontrol baru. Silahkan kamu cek informasi tentang Pusat kontrol yang sudah saya tulis sebelumnya.

Nah, itulah cara mengaktifkan screenshot 3 jari di Xiaomi MIUI 12. Fitur ini benar-benar sangat berguna karena mudah digunakan dan cepat dalam mengambil screenshot.