Cara Membuat Video Stop Motion di Android

0
Cara Membuat Video Stop Motion di Android
Cara Membuat Video Stop Motion di Android (Readyanimator)

Cara Membuat Video Stop Motion di Android – Apa itu video stop motion dan bagaimana cara membuatnya? Bisakah kita membuat video stop motion dari Android? Pertanyaan seperti sudah sering saya dengan dari banyak orang. Mungkin mereka pernah melihat video huruf atau benda lain yang dibuat bergerak, padahal benda tersebut bukanlah benda hidup.

Apa itu stop motion? Menurut Wikipedia, stop motion adalah teknik animasi yang menggabungkan beberapa objek (foto) dan dimanipulasi menjadi gerakan. Stop motion disebut juga dengan stop frame. Saat ini stop motion sering dibuat sebagai ucapan selamat ulang tahun dimana stop motion di buat dengan mengambil beberapa gambar huruf pada posisi yang berbeda sehingga jika digabungkan akan bergerak dengan sendirinya.

Cara membuat stop motion dari Android

Cara Membuat Video Stop Motion di Android
Cara Membuat Video Stop Motion di Android (Readyanimator)

Membuat stop motion dari Android di nilai lebih mudah karena bisa langsung membuat stop motion dari kamera dan bantuan aplikasi edit foto. Berikut ini saya akan berikan informasi tentang cara membuat stop motion ucapan selamat ulang tahun.

  1. Buat huruf ucapan selamat ulang tahun dari kertas. Usahakan huruf tersebut dibuat dari kertas yang beda warna agar lebih bagus hasilnya. Jangan lupa tambahkan pernak pernik untuk ditempatkan di sekitar huruf.
  2. Tempatkan huruf-huruf dari kertas tersebut diatas meja. Susun huruf secara urutan diatas meja (jika ingin di atas meja) dan ambil foto menggunakan smartphone.
  3. Posisikan smartphone dengan kamera menghadap ke atas meja dengan bantuan alat seperti tripod. Kamu bisa menggunakan alat bantu lainnya, yang terpenting kamera tidak bergeser setiap mengambil gambar huruf tersebut.
  4. Ambil foto huruf-huruf tersebut satu per satu sesuai dengan urutan ucapan. Setiap memasukkan huruf berikutnya usahakan huruf yang telah lebih dahulu di foto di geser agar setiap huruf terlihat bergerak pada video stop motion.

Setelah semua foto diambil secara urut. Foto tersebut siap dijadikan stop motion. Kamu harus mengingat urutan foto agar pada saat foto-foto tersebut digabungkan tidak ada yang salah urutannya (sesuai dengan urutan kata ucapan).

Penting: Jika saat pengambilan gambar ada yang kamu tidak suka, silahkan hapus sebelum mengambil foto berikutnya. Hal ini penting agar urutan foto di dalam galeri beraturan menurut waktu pengambilan.

Membuat stop motion dari Android

Untuk menggabungkan foto huruf-huruf tadi, kamu perlu aplikasi yang bisa menggabungkan foto menjadi video. Dalam hal ini saya menggunakan satu aplikasi yang saya anggap paling mudah digunakan. Simak caranya berikut ini:

  1. Download aplikasi VideoShow di Play Store.
  2. Buka aplikasi, pilih Edit untuk untuk membuka galeri dan memilih foto yang ingin dibuat stop motion.
  3. Pilih foto tersebut satu per satu sesuai dengan urutan pengambilan foto dari awal hingga akhir. Biasanya dimulai dari yang paling bawah karena waktu pengambilan lebih awal.
  4. Setelah selesai, pilih Duration untuk mengubah durasi tayang agar foto-foto tersebut bergerak. Ubah durasi setiap foto menjadi 0,3 detik. Agar lebih cepat tandai semua foto untuk diubah durasinya.
  5. Simpan, selesai.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan musik dan teks kedalam video tersebut. Kamu juga bisa mengganti filter sesuai keinginan agar video stop motion kamu terlihat lebih menarik.

Ada banyak fitur pada aplikasi VideoShow yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat hasil stop motion kamu lebih menarik. Saya pribadi lebih suka stop motion sinematik berupa cerita pendek.

Membuat stop motion di Android bisa dilakukan dengan mudah karena yang terpenting dalam membuat stop motion adalah saat pengambilan gambar. Usahakan agar kamera tidak bergerak atau berubah posisi. Video juga tidak terbatas pada gambar dari guntingan kertas saja, kamu juga bisa membuat stop motion dengan melukis.

Selain itu, untuk mempercantik hasil stop motion, penambahan pernak pernik selain huruf dari kertas juga sangat penting. Kamu bisa menambahkan boneka kecil, atau membuat gambar lucu dari kertas untuk memperkaya hasil foto yang akan jadi stop motion. Kamu harus menjadi lebih kreatif untuk membuat stop motion yang bagus.

Demikian informasi tentang cara membuat video stop motion dari Android. Jika informasi ini terasa kurang lengkap, silahkan bertanya dengan mengirim komentar.

Loading...