Cara Menggunakan Split Screen di Realme C3, Bisa Buka 2 Aplikasi Sekaligus

Cara Menggunakan Split Screen di Realme C3

Realme C3 merupakan salah satu smartphone yang cukup laris di pasaran. Bagaimana tidak, smartphone yang dibekali chipset gaming ini dijual dengan harga Rp 1 jutaan saja.

Menariknya lagi ponsel ini sudah menjalankan antarmuka Realme UI yang punya banyak fitur. Realme C3 juga menjadi ponsel Realme pertama yang hadir di Indonesia menggunakan antarmuka Realme UI sejak awal.

Sebelumnya saya sudah membahas tentang cara mengaktifkan ketuk layar dua kali di Realme C3. Pada artikel kali ini masih seputar Realme C3 yaitu cara menggunakan split screen atau layar pisah di Realme C3.

Meski bukan fitur baru, namun split screen merupakan salah satu fitur wajib ada di smartphone saat ini. Untuk cara menggunakannya silahkan simak langkah-langkah berikut ini.

Cara Menggunakan Split Screen di Realme C3

Aktifkan terlebih dahulu pengaturan Layar Pisah. Caranya buka Pengaturan, pilih Layar Pisah Apli, lalu aktifkan.

Sedangkan cara menggunakan split screen ada 4 cara yaitu menggunakan 3 jari, smart sidebar dan dua cara lainnya menggunakan tombol recent apps.

1. Split screen menggunakan 3 jari

Caranya sangat mudah, buka aplikasi yang mendukung split screen lalu dorong layar dari bawah ke atas menggunakan 3 jari. Selanjutnya akan muncul pratinjau hasil screenshot.

Selanjutnya pilih aplikasi kedua yang juga mendukung split screen. Sebagai contoh aplikasi pertama YouTube dan aplikasi kedua yaitu WhatsApp.

Baca juga  Cara Mengaktifkan Ketuk Layar 2 Kali di Realme C3 - Realme UI

2. Split screen menggunakan tombol recent apps (klik dan tahan)

Buka dulu aplikasi yang mendukung split screen, selanjutnya klik dan tahan tombol recent apps (ikon garis 3) sampai terbuka jendela layar split.

Selanjutnya silahkan pilih aplikasi kedua yang juga mendukung split screen.

3. Split screen menggunakan tombol recent apps

Sama seperti cara yang kedua, namun kali ini tidak klik dan tahan. Melainkan hanya klik satu kali saja tombol recent apps. Selanjutnya akan muncul daftar aplikasi yang baru di buka.

Pada salah satu aplikasi yang mendukung silahkan klik ikon titik dua, lalu pilih Layar Belah.

4. Menggunakan split screen dari Smart Sidebar

Pada cara yang keempat ini kamu perlu mengaktifkan Smart Sidebar terlebih dahulu. Selanjutnya kustomisasi aplikasi yang ada di Smart Sidebar.

Nah, untuk menggunakan split screen cukup seret aplikasi di Smart Sidebar ke bagian layar kosong. Selanjutnya tinggal pilih aplikasi yang kedua.

Demikianlah cara menggunakan split screen di Realme C3. Dengan fitur ini kita bisa menjalankan dua aplikasi sekaligus dalam satu layar.