Beranda Tips Trik Kenapa Fingerprint di Xiaomi Tidak Berfungsi?

Kenapa Fingerprint di Xiaomi Tidak Berfungsi?

3572
2

Mengapa sensor sidik jari di Xiaomi tidak berfungsi? Mungkin ada teman-teman yang bertanya hal ini ketika membuka kunci layar Xiaomi dengan sidik jari tidak berhasil sehingga mengharuskan teman-teman membuka dengan pola, pun atau sandi. Ya, memang terkadang sensor Fingerprint ini tidak berfungsi pada suatu waktu atau pada keadaan tertentu.

Disini saya akan menjelaskan bagaimana ini terjadi dan bagaimana cara mengatasinya. Masalah seperti ini memang kerap terjadi di semua smartphone Xiaomi yang memiliki fitur fingerprint seperti, Xiaomi Redmi Note 3, Redmi 3s/Pro/Prime, bahkan Mi Max dan Mi 5.

Mengatasi Sensor Sidik Jari Xiaomi Tidak Berfungsi

Mengatasi Sensor Sidik Jari Xiaomi Tidak Berfungsi

Seperti yang saya sebutkan diatas, masalah ini kerap terjadi pada smartphone Xiaomi yang memiliki fitur sensor sidik jari. Ini merupakan hal yang wajar menurut saya karena sensitivitas yang dimiliki fitur ini memang tingkat tinggi dan kecepatan membaca dari sensor sidik jari yang ditanamkan di setiap smartphone Xiaomi merupakan yang tercepat. Oleh sebab itu, apapun yang menyentuh sensor tersebut akan membuatnya bekerja membaca apa yang menempel padanya.

Sebagai contoh, ketika smartphone dimasukkan kedalam saku dengan posisi sensor dibawah menyentuh bagian tubuh misalnya paha. Maka, tanpa kita sadari sensor tersebut terus bekerja membaca apa yang menyentuhnya. Jadi tidak heran ketika smartphone kita keluarkan dari dalam saku, fingerprint tidak berfungsi sehingga kita membuka dengan kunci alternatif seperti pola, pin atau sandi.

Tips Agar Fingerprint Berfungsi dengan Baik

Beberapa tips berikut mungkin bisa membantu agar fitur fingerprint di Xiaomi kamu berfungsi dengan baik.

  1. Saat memasukkan smartphone kedalam saku posisikan layar kebawah atau fingerprint tidak menyentuh bagian tubuh.
  2. Kurangi penggunaan aplikasi di latar belakang dengan menutup aplikasi secara benar. Hal ini juga dapat menambah performa device kamu.
  3. Matikan perangkat secara berkala. Setidaknya kamu mematikan smartphone sekali dalam sehari. Cara ini tentu akan mereset ulang waktu berjalan aplikasi yang menggunakan beberapa persen daya dan kinerja prosesor.

Ketiga poin diatas mungkin lebih kepada performa, terutama no 2 dan 3. Namun percayalah bahwa semakin meningkat performa, maka akan semakin mudah prosesor untuk membaca fitur yang ada seperti sensor sidik jari.

Baca juga: Cara Simpan Video Instagram di Xiaomi Tanpa Download

Demikian informasi kali ini. Terima kasih sudah menyempatkan diri untuk membaca. Jika bermanfaat, silahkan di share atau jika ada pertanyaan silahkan tulis di komentar.

loading...
  • Danny

    Bro jadi gimna kalo ngatasin nya.. APA kah akan balik bner sendiri atau harus di apain??

    • Matikan dulu smartphone-nya bro. Biasanya tidak berfungsi pada hp yang jarang dimatikan. Masalah ringan bisa diatasi dengan mematikan hp, dan kalo bisa posisi sensor fingerprint ke atas jika di dalam saku agar tidak bersentuhan dengan bagian tubuh, karena sensor ini sensitif.