Beranda Tips Trik Penyebab dan Cara Mengatasi Baterai Hp Android Cepat Habis

Penyebab dan Cara Mengatasi Baterai Hp Android Cepat Habis

Bagaimana cara mengatasi baterai hp Android cepat habis atau boros? Pertanyaan seperti ini sering ditanyakan kepada saya. Umumnya semua mengira baterai hp mereka bocor atau ngedrop. Padahal ada banyak kemungkinan, dan jangan terlalu cepat ambil kesimpulan. Saya akan coba kasih informasi seputar baterai yang boros, yaitu penyebab dan cara mengatasinya.

Baterai adalah daya sebuah hp, tanpa baterai sebuah hp tentu tidak bisa menyala. Namun, perlu kamu ketahui bahwa performa atau kinerja hp adalah sebagai penyebab utama baterai hp Android kamu cepat habis. Kamu bisa membaca beberapa penyebab baterai hp Android cepat habis serta tips untuk mengatasinya.

Penyebab dan Cara Mengatasi Baterai Hp Android Cepat Habis

Penyebab dan Cara Mengatasi Baterai Hp Android Cepat Habis

Perhatikan penyebab dan cara mengatasi baterai hp Android cepat habis, yang akan saya jelaskan disini. Namun, sebelum itu ada baiknya kamu kenali dulu perangkat yang kamu miliki agar kamu tahu sebesar besar kemampuan baterai yang dimiliki oleh smartphone kamu.

Caranya bisa mencari informasi spesifikasi dan harga hp Android yang kamu miliki. Kamu bisa lihat kapasitas baterai, berapa lama kemampuan waktu standby dan waktu bicara hp kamu. Silahkan cek spesifikasi hp kamu di situs GSMArena.com, disana kamu bisa menemukan spesifikasi dari berbagai macam tipe hp.

Penyebab dan cara mengatasi baterai hp Android yang boros

Jaringan yang tidak stabil

Jika kamu menggunakan hp untuk browsing, main sosial media dan game online pada jaringan yang tidak stabil alias koneksinya putus-putus. Jangan heran jika baterai kamu tiba-tiba boros, karena pada koneksi yang tidak stabil hp kamu membutuhkan kinerja ekstra. Beratnya beban sistem hp akan berimbas pada penggunaan daya yang boros.

Cara mengatasinya mudah saja, jangan memaksakan diri tetap menggunakan hp kamu pada koneksi yang tidak stabil, terutama bermain game online. Hp kamu akan terasa panas karena beban sistem yang berat menjalankan aplikasi atau game pada koneksi yang tidak stabil.

Penggunaan oleh screen

Jaman semakin canggih dan hp juga semakin canggih. Umumnya, hp Android sekarang sudah dibekali dengan auto brightness alias kecerahan otomatis. Jika kamu lama menggunakan hp di luar ruangan, maka baterai hp akan lebih boros dari biasanya. Hal ini disebabkan oleh naiknya tingkat kecerahan layar tanpa kamu sadar karena berada di luar ruangan yang terang.

Cara mengatasinya juga cukup mudah, kamu bisa mengubah pengaturan kecerahan otomatis ke manual saja, atau hilangkan centang pada auto brightness.

Bermain game berat

Bermain game HD merupakan salah satu penyebab baterai hp boros. Meski game yang kamu mainkan menurut kamu adalah game ringan. Tapi jangan salah, game ringan juga ada yang boros karena sistem harus menjalankan tampilan HD. Saya bermain game santai sejenis Candy Crush Saga dan baterai hp sangat boros, padahal saya bermain dengan mematikan koneksi internet.

Cara mengatasi bisa dengan mengurangi aktivitas bermain game. Jika ingin bermain game offline, jangan lupa matikan koneksi atau data seluler.

Selain penjelasan diatas, kembali kepada kapasitas baterai hp kamu dan tentunya cara penggunaan. Untuk mengetahui penggunaan yang berlebihan cukup mudah, jika kamu merasa hp kamu panas, maka itu berarti sistem dibebani dengan kinerja yang berat. Hentikan atau istirahatkan sejenak.

Berdasarkan pengalaman saya, koneksi yang tidak stabil bisa cepat menghabiskan daya baterai tidak seperti biasanya. Begitu pula dengan bermain game, terutama game HD atau game berat.

Demikian informasi tentang Penyebab dan Cara Mengatasi Baterai Hp Android Cepat Habis. Semoga informasi ini bermanfaat untuk semua. Jika ada pertanyaan, jangan lupa tulis di kolom komentar.

Loading...