Beranda Tips Trik Rekomendasi Ukuran Foto dan Video untuk di Upload ke Instagram

Rekomendasi Ukuran Foto dan Video untuk di Upload ke Instagram

Berapa ukuran foto dan video yang pas di upload ke Instagram? Kebanyakan orang-orang bertanya seperti itu karena ingin meng-upload foto dan video ke Instagram tanpa terpotong. Pertama kali mendapatkan pertanyaan tersebut saya juga bingung mau jawab apa saat itu. Akhirnya saya coba mencari tau berapa ukuran foto dan video yang pas untuk Instagram.

Saya mencari tau dengan cara memeriksa rincian foto, meng-upload berulang kali dengan ukuran yang berbeda agar saya mendapatkan ukuran foto yang pas agar tidak terpotong. Beberapa pengguna mungkin kesal ketika ingin meng-upload foto bersama teman, taunya ada bagian yang nggak bisa ikutan hanya karena ukuran foto yang nggak recommnded. Disini saya akan berbagi info dan tips seputar ukuran foto dan video untuk di upload ke Instagram.

Rekomendasi Ukuran Foto dan Video di Upload ke Instagram

Rekomendasi Ukuran Foto dan Video untuk di Upload ke Instagram

Gambar yang di upload ke Instagram harus dengan ukuran persegi atau sama ukuran panjang lebarnya. Jika kamu mengedit foto, maka kamu bisa memotong foto pada ukuran 1:1. Ukuran tersebut sama dengan ukuran persegi yang cocok untuk Instagam.

Ukuran foto untuk Instagram tidak ada batasan, namun meng-upload foto berukuran besar akan lebih baik hasilnya. Jika kamu ingin mengu-upload foto ke Instagram, usahakan ukuran foto minimal 480 x 480 pixel. Lebih besar ukuran tentu akan lebih baik.

Berapa pun ukuran foto yang akan di upload nantinya, foto haruslah persegi agar tidak perlu di potong saat upload. Saat ini memang ada aplikasi upload foto ke Instagram tanpa potong. Namun intinya sama saja, gambar harus persegi.

Jika ingin memasukkan foto full body kamu harus ambil dari jarak agak jauh.

Jika menggunakan aplikasi edit foto Instagram sama saja, karena untuk memasukkan semua objek dalam foto, maka objek tersebut harus berukuran kecil. Misalnya foto berdiri bersama teman, agar terlihat dari atas sampai bawah objek foto harus terlihat keci (jauh dari kamera).

Berapa ukuran video yang pas untuk Instagram? Sama dengan foto, video pun harus dengan ukuran persegi. Agar terlihat lebih bagus, sebaiknya upload video dengan ukuran setidaknya 480 x 480. Jika kamu ingin membuat video untuk Instagram usahakan mengambil video dengan posisi ponsel tegak atau vertikal.

Posisi video yang tegak lebih mudah untuk di edit daripada video yang diambil secara horizontal.

Saya sendiri biasa upload foto pada ukuran 2592 x 2592 px karena langsung upload foto hasil kamera tanpa proses edit. Namun saat pengambilan sudah saya atur agar pas proses pemotong semua yang ingin saya tunjukkan masuk semua kedalam foto tanpa terpotong.

Loading...