Cara Jadi Youtuber di Android dan Aplikasi yang Digunakan

Cara Jadi Youtuber di Android

Mau jadi youtuber tapi cuma punya smartphone Android? Bisa. Bagi kamu yang ingin memulai karir di Youtube sebagai kreator jangan patah semangat meski kamu saat ini belum memiliki perangkat komputer dan peralatan lainnya.

Kamu bisa memulai dari sebuah smartphone saja. Bahkan saat ini banyak youtuber yang mengawali channel mereka hanya dengan sebuah smartphone dan peralatan seadanya.

Saat ini sebuah smartphone sudah dibekali kamera mumpuni yang bisa merekam video kualitas Full HD. Selain itu, dukungan bermacam aplikasi memudahkan kita dalam membuat konten video tanpa memiliki PC/laptop.

Lalu, apa saja yang dibutuhkan untuk memulai karir sebagai youtuber dengan modal smartphone Android? Berikut ulasannya.

Aplikasi Utama

Aplikasi yang masuk dalam daftar aplikasi utama untuk youtuber yaitu aplikasi YouTube, YouTube Studio, YouTube Gaming. Aplikasi YouTube Studio digunakan untuk proses upload seperti membuat mulai dari menambah judul hingga menambah thumbnail.

Sedangkan aplikasi YouTube Gaming bisa kamu gunakan untuk live streaming game langsung dari smartphone kamu. Selain untuk live, aplikasi ini juga bisa kamu gunakan sebagai screen recorder.

Aplikasi Perekam Video

Tak harus punya kamera mahal, kamu juga bisa mereka langsung pakai kamera smartphone. Namun jika kurang puas dengan hasil kamera bawaan, kamu bisa menggunakan aplikasi kamera pihak ketiga.

Ada banyak aplikasi perekam video yang bisa kamu dapatkan secara gratis. Namun disini saya menyarankan aplikasi Cinema FV-5 Lite (gratis). Untuk hasil yang lebih baik pertimbangkan versi berbayar aplikasi ini.

Baca juga  Cara Menambah Nada Notifikasi BBM di Android

Aplikasi Edit Video

Banyak yang bertanya kepada saya aplikasi edit video terbaik untuk youtuber modal HP Android. Aplikasi edit video terbaik menurut saya ada dua pilihan yaitu KineMaster dan PowerDirector.

Kedua aplikasi tersebut punya kelebihan masing-masing. Sebagai youtuber pemula, kedua aplikasi tersebut sudah cukup baik dalam membuat konten video.

Selain itu, keduanya juga menyediakan versi premium yang berbayar. KineMaster menggunakan sistem berlangganan bulanan. Sedangkan PowerDirector bayar untuk sekali beli.

Aplikasi Perekam Layar

Jika kamu ingin menjadi youtuber dengan konten gaming atau tutorial HP. Kamu mungkin membutuhkan aplikasi screen reocorder atau aplikasi perekam aktivitas layar.

Aplikasi perekam layar terbaik untuk youtuber, yakni Az Screen Recorder dan Mobizen. Meski demikian kamu bisa memilih aplikasi lain yang paling pas untuk kamu.

Jika smartphone kamu memiliki fitur perekam layar bawaan, sebaiknya pertimbangkan untuk tidak menggunakan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi bawaan biasanya lebih ringan dan pastinya tidak menambah penggunaan memori ponsel kamu.

Aplikasi Perekam Suara

Terkadang suara untuk video dimasukkan terakhir atau dimasukkan secara terpisah dengan video. Biasanya hal tersebut dilakukan untuk bermacam alasan.

Dengan demikian kita pasti membutuhkan aplikasi perekam suara. Memang ada aplikasi bawaan tiap smartphone Android. Namun kebanyakan yang bawaan tidak dilengkapi fitur noise canceling. alias penghapus kebisingan.

Oleh sebab itu kita perlu aplikasi perekam suara dengan fitur noise canceling. Saya merekomendasikan aplikasi ASR versi premium yang sudah terdapat fitur tersebut.

Baca juga  Cara Menyembunyikan Aplikasi di Samsung Galaxy A Series 2019 One UI

Jika versi berbayar terlalu mahal, kamu bisa menggunakan aplikasi WavePad. Aplikasi ini memungkinkan kamu menghapus bagian bising dalam file audio.

Aplikasi Edit Foto

Tak hanya aplikasi edit video, gambar juga perlu diedit untuk thumbnail video kamu. Kita tahu bahwa judul kedua dari video adalah thumbnail. Gambar cover sangat mempengaruhi viewers. Bahkan tak jarang penonton melihat thumbnail terlebih dahulu sebelum judul video.

Aplikasi edit foto terbaik untuk membuat thumbnail yang menarik yaitu PicsArt dan Picsay. Jika ada aplikasi edit foto yang lebih kamu kuasai dibanding kedua aplikasi yang saya rekomendasikan. Silahkan gunakan yang menurut kamu paling mudah.

Ukuran thumbnail video Youtube yang disarankan mulai 1280 x 720 piksel atau yang lebih besar 1920 x 1080 piksel.

Itulah sederet aplikasi yang diperlukan untuk menjadi youtuber modal HP Android. Silahkan pilih aplikasi yang tepat untuk kamu gunakan. Jika ada aplikasi lain yang menurut kamu wajib digunakan, jangan lupa tulis di kolom komentar.