Beranda Tips Trik Cara Membuat Video Time Lapse Menggunakan HP Xiaomi

Cara Membuat Video Time Lapse Menggunakan HP Xiaomi

Adyblog.comCara membuat video time lapse di Xiaomi sebenarnya sangat mudah, hanya saja banyak pengguna yang merasa bingung karena tidak ada pengaturan dalam aplikasi kamera Xiaomi. Berbeda dengan smartphone lain, menu pengaturan untuk kamera pada Xiaomi dibuat terpisah. Jadi, pengaturan kamera foto dan video ada dalam pengaturan aplikasi sistem. Pun begitu, Xiaomi tetap memasukkan cara pintas menuju pengaturan sistem untuk aplikasi kamera.

Disini saya akan berbagi cara membuat video time lapse di Xiaomi, terutama yang menjalankan MIUI 8. Dan, kalau bisa setting bahasa ke bahasa Indonesia agar mudah menyesuaikan tutorial ini. Dalam bahasa kita time-lapse artinya selang waktu. Mungkin kamu pernah melihat video pergerakan awan yang cepat, atau video pergerakan matahari dari terbit hingga tenggelam dalam waktu singkat. Singkatnya, video time lapse adalah video yang berisi sekumpulan objek yang dipercepat penayangannya, sehingga video berdurasi lama bisa menjadi singkat.

Cara Membuat Video Time Lapse di Xiaomi

Cara Membuat Video Time Lapse Menggunakan HP Xiaomi

Mungkin teman-teman ada yang bertanya mengapa tidak mempercepat video dengan diedit menggunakan aplikasi saja. Ya, video time lapse memang dipercepat tapi bukan berarti speed video dibuat ngebut. Mempercepat video dengan cara mengedit tidak bisa secepat video time lapse. Bayangkan saja, video yang direkam selama berjam-jam hanya menghasilkan video berdurasi dibawah satu menit.

Contoh video time lapse menggunakan Xiaomi bisa kamu cari di Youtube, karena saya lihat ada banyak video time lapse yang di unggah pengguna Youtube. Tidak hanya menggunakan smartphone, kamu juga bisa menemukan video time lapse menggunakan Xiaomi Yi.

Biasanya orang-orang membuat video time lapse menggunakan kamera DSLR. Namun, teknologi semakin canggih sehingga video time lapse bisa dibuat menggunakan smartphone, salah satunya Xiaomi.

Berikut cara membuat video time lapse di Xiaomi.

  1. Buka aplikasi kamera Xiaomi, dan pilih mode video.
  2. Pilih mode, kemudian klik ikon roda gigi yang ada di bagian kanan atas layar.
  3. Pilih Interval selang waktu dan atur waktunya sesuai keinginan.
  4. Selanjutnya mulai merekam video dan lihat hasilnya.

Sebelum membuat video time lapse di Xiaomi, kamu harus mengetahui beberapa hal. Disini saya punya beberapa tips dalam membuat video time lapse.

Tips membuat video time lapse di Xiaomi.

  1. Pastikan baterai smartphone terisi penuh karena proses perekaman akan memakan waktu berjam-jam.
  2. Tentukan objek video. Usahakan kamu pilih objek bergerak, misalnya jalanan yang pada oleh kendaraan hilir mudik, langit dengan awan bergerak, matahari menjelang sore. Kamu juga bisa membuat video time lapse seseorang berdiri di kerumunan, atau yang lebih mudah pergerakan rumput dan padang ilalang.
  3. Coba dulu hasil video dengan selang waktu berbeda. Di Xiaomi ada banyak pilihan waktu, jadi kamu bisa coba beberapa pilihan waktu sebelum membuat video time lapse.
  4. Gunakan tripod atau letakkan smartphone pada bidang/tempat tertentu. Proses membuat video time lapse cukup lama, jadi smartphone harus tetap pada posisinya dan jangan di pegang.

Baca juga: Cara Membuat Foto Long Exposure di Android

Baiklah, cukup sekian artikel tentang cara membuat video time lapse di Xiaomi ini. Semoga bermanfaat bagi semua teman-teman yang sudah membaca. Mohon maaf jika ada kekurangan dalam penyampaian saya. Jika ada yang ingin disampaikan, silahkan tulis di kolom komentar.

Loading...