Tips Trik Kamera Xiaomi Agar Hasil Foto Blur Seperti DSLR

Tips Trik Kamera Xiaomi Agar Hasil Foto Blur Seperti DSLR

Adyblog.comXiaomi selalu membekali smartphone mereka dengan spesifikasi yang mumpuni, bahkan jika dibandingkan dengan smartphone merek lain. Xiaomi termasuk yang paling berani membanderol produk mereka dengan harga terjangkau namun tetap membawa spesifikasi yang bersaing. Tidak terkecuali kamera, berbekal kamera besutan Sony, ponsel Xiaomi membawa banyak kelebihan, terutama dalam hal fotografi.

Kelebihan tersebut tidak hanya pada perangkat kelas menengah keatas saja, bahkan Xiaomi Redmi 2 sebagai ponsel low-end pun memiliki kamera mumpuni. Meski bukan fokus mengandalkan kamera, namun hasil jepretan smartphone Xiaomi tidak bisa dianggap enteng. Pasalnya, smartphone satu jutaan pun memiliki kamera dengan auto focus yang benar-benar bekerja dengan baik. Tidak seperti ponsel murah kebanyakan yang membawa fitur auto focus namun terkadang tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Trik Kamera Xiaomi Agar Hasil Foto Blur Seperti DSLR

Tips Trik Kamera Xiaomi Agar Hasil Foto Blur Seperti DSLR

Bicara tentang kamera Xiaomi tentu tidak terlepas dari hasil foto blur (bokeh) yang menjadi favorit banyak pengguna karena hasil yang mirip dengan kamera DSLR. Pun begitu, tips dan trik mengambil foto blur dengan Xiaomi sudah pasti harus kita ketahui agar hasilnya seperti yang kita inginkan.

Disini saya akan berbagi tips trik seputar kamera Xiaomi berdasarkan pengalaman saya yang telah menggunakan beberapa tipe Xiaomi.

Jika ada pertanyaan tentang tipe Xiaomi yang bagus untuk foto, mungkin Xiaomi Mi 4i untuk kelas mid-end. Sebab, pada Mi 4i Xiaomi membekali kamera mumpuni dengan banyak fitur pendukung fotografi. Meskipun ada Redmi Note 3 yang memiliki kamera 16 MP, menurut saya hasil jepretan Mi 4i lebih bagus meski hanya berbekal kamera 13 MP saja.

Baca juga  Cara Install Tema .mtz di Xiaomi Mudah dan Cepat

Sekilas tentang kamera Xiaomi

Xiaomi membekali smartphone mereka dengan kamera Sony yang memiliki fitur seperti Auto Focus, PDAF, Face Detection dan lainnya. Kamera Xiaomi tetap memiliki kekurangan, terutama pada hasil foto yang diambil di dalam ruangan atau minim cahaya. Oleh sebab itu, beberapa pengaturan penting perlu diterapkan untuk menghasilkan foto terbaik dalam ruangan, minim cahaya maupun saat malam.

Tips mengambil foto pada kondisi cahaya minim atau malam hari

Pada kondisi cahaya minim atau malam hari, gunakan mode Manual atau mode HHT. Pada mode Manual setting White Balance (imbangan putih) sesuai dengan cahaya sekitar. Kamu bisa coba satu per satu pada pilihan White Balance sampai menemukan yang paling cocok dengan kondisi cahaya saat itu.

Sedangkan untuk mode HHT tidak ada setting lain yang diperlukan karena ini sudah di setting otomatis. Kita hanya perlu mengaktifkan mode ini.

Tips mengambil foto blur menggunakan Xiaomi

Untuk menghasilkan foto blur yang bagus kita perlu tahu beberapa hal seperti besaran objek, jarak objek dari kamera serta kestabilan kamera ketika dipegang. Agar foto blur menggunakan kamera Xiaomi, perlu dipahami tentang besaran objek dan jarak objek tersebut ke kamera. Xiaomi merekomendasikan jarak maksimal antara objek dengan kamera hanya 1 meter saja. Namun, mereka tidak menjelaskan besaran objek untuk jarak tersebut.

Baca juga  Cara Menggunakan Retouch Auto Pada Aplikasi BeautyPlus

Oleh karena itu, kita harus mencoba objek tertentu dengan jarak yang berbeda hingga menemukan jarak yang pas sesuai dengan besaran objek tersebut. Bagi kamu yang menggunakan Xiaomi Redmi 3 Pro/Prime mungkin akan terasa lebih mudah. Sebab, Xiaomi tipe ini memiliki fitur PDAF yang canggih hingga mampu menangkap focus hanya dalam waktu sekitar 0,01 hingga 0,03 detik dengan hasil yang baik.

Saya pernah mencoba memotret motor saya menggunakan Redmi 3 Prime pada mode Manual dan White Balance saya pilih Neon. Hasil gambar dari kamera Redmi 3 Prime bisa kamu lihat pada gambar diatas. Mungkin hasil kurang baik karena kualitas foto sudah turunkan hingga 84% agar ukuran foto diatas tidak memberatkan laman artikel ini.

Agar hasil foto blur menggunakan Xiaomi, kamu perlu mencoba dalam jarak yang berbeda hingga kamera Xiaomi mampu menangkap focus dengan tepat agar hasil foto lebih baik. Pada objek kecil kamu bisa mengambil dengan jarak yang lebih dekat dengan objek agar blur pada background bisa sempurna seperti DSLR. Kamu bisa mengambil foto objek kecil dulu seperti mengambil foto macro menggunakan Xiaomi.

Trik mengambil foto blur menggunakan Xiaomi

Agar hasil foto lebih baik, kamu bisa ikuti trik berikut ini:

  • Gunakan tripod. Kamu bisa gunakan tripod besar maupun tripod mini seperti Gorilla Tripod. Hasil foto akan lebih baik jika kamera diam, tidak goyang atau bergetar seperti saat kita memotret dengan memegang kamera.
  • Gunakan timer. Ini solusi bagi kamu yang tidak menggunakan tripod. Kamu hanya perlu jaga kestabilan smartphone dan biarkan ia memotret dalam waktu yang ditentukan. Contoh atur timer 3 hingga 5 detik agar tidak terlalu lama memegang smartphone.
  • Letakkan smartphone. Tidak ada rotan akar pun jadi, tidak ada tripod bidang rata pun jadi. Kamu bisa letakkan smartphone pada bidang atau tempat tertentu agar smartphone tidak goyang. Dan, jangan lupa gunakan timer.
Baca juga  Download Aplikasi Berbayar Untuk Android Secara Gratis

Xiaomi termasuk salah satu smartphone yang mampu mengambil foto dengan cepat. Maklum, Sony terkenal dengan kecepatan mengambil gambar yang cukup kita kenal dengan sebutan Cybershot. Pun begitu, hasil foto akan lebih baik jika kita menggunakan tripod atau membuat smartphone stabil, tidak goyang maupun bergetar.

Demikian informasi tentang Tips Trik Kamera Xiaomi Agar Hasil Foto Blur Seperti DSLR. Saya tulis berdasarkan pengalaman menggunakan Xiaomi, dan tentunya dengan terus mencoba dan berlatih memotret untuk mendapatkan hasil terbaik. Jika kamu punya pengalaman, tips dan trik seputar fotografi Xiaomi, silahkan berbagi dengan menulis di kolom komentar. Salam Mi Fans Indonesia.

Loading...

Ada Komentar?