Beranda Tips Trik Cara Mengaktifkan Sinkron Mi Cloud di Xiaomi MIUI 8

Cara Mengaktifkan Sinkron Mi Cloud di Xiaomi MIUI 8

13309
2

Adyblog.com – Mi Cloud adalah layanan penyimpanan awan milik Xiaomi. Layanan ini memiliki banyak keuntungan bagi pengguna, khususnya yang menggunakan smartphone Xiaomi. Meskipun mengaktifkan Mi Cloud sangat penting, namun masih ada beberapa teman kita pengguna Xiaomi yang tidak tau cara mengaktifkan sinkron Mi Cloud.

Mi Cloud bisa digunakan secara gratis dan berbayar. Untuk layanan gratis pengguna mendapatkan kapasitas penyimpanan sebesar 5 GB. Jika merasa kapasitas tersebut kurang, silahkan upgrade untuk ruang penyimpanan yang lebih besar. Mi Cloud bisa diakses melalui PC/laptop, juga bisa langsung mengakses dari hp Xiaomi. Mi Cloud juga merupakan salah satu faktor penting dalam menampilkan foto/video tersembunyi di Xiaomi, karena fitur unggulan yang ada pada MIUI 7 dan 8 ini adalah syarat untuk menggunakan fitur album tersembunyi.

Cara Mengaktifkan Sinkron Mi Cloud dan Galeri di Xiaomi MIUI 8

Cara Mengaktifkan Sinkron Mi Cloud di Xiaomi MIUI 8

Mengaktifkan sinkron Mi Cloud sebenarnya sangat mudah, hanya saja banyak pengguna yang kurang memperhatikan fitur Mi Cloud. Sehingga banyak yang gagal menemukan foto/video tersembunyi. Saya tahu hal karena ada banyak teman-teman sesama pengguna Xiaomi yang mengeluh karena sulit menampilkan file yang telah disembunyikan. Salah satu penyebab yang paling memungkinkan adalah sinkron Mi Cloud ke Galeri tidak aktif.

Video dan foto yang disembunyikan akan secara otomatis di upload ke Mi Cloud. Jika sinkron tidak aktif, maka file tersebut akan masuk dalam antrian sehingga tidak masuk ke Mi Cloud dan hilang dari Galeri.

Untuk mencegah hal ini terjadi, sebaiknya aktifkan terlebih dahulu sinkron Mi Cloud dan membuat akses ke album tersembunyi di Galeri.

Cara mengaktifkan sinkron Mi Cloud.

  1. Buka aplikasi Akun Mi atau Setelan dan pilih Akun Mi.
  2. Pilih Mi Cloud.
  3. Pada bagian Menyinkron item pilih Galeri dan aktifkan pada bagian Otomatis cadangkan.
  4. Masih pada bagian Menyinkron item, pilih item untuk di sinkron. Saya sendiri hanya memilih Kontak dan Galeri saja. Silahkan pilih sesuai yang diinginkan.

Cara mengaktifkan sinkron dari Galeri.

  1. Buka Galeri.
  2. Pada tab Foto, seret layar dari atas ke bawah hingga muncul tulisan jumlah item menunggu untuk dicadangkan. Klik tulisan tersebut.
  3. Lihat item yang belum dicadangkan akan terdapat gambar/ikon awan di silang. Hubungkan ke WiFi jika kamu memilih mencadangkan menggunakan WiFi.

Cara lain mengaktifkan sinkron Gakeri.

  1. Buka Setelan/Pengaturan.
  2. Pilih Aplikasi sistem.
  3. Pilih Galeri.
  4. Aktifkan bagian Otomatis cadangkan.
  5. Aktifkan Hanya pakai Wi-Fi untuk cadangkan foto dan video. Jika ingin menggunakan jaringan seluler, silahkan non-aktifkan.

Itulah sedikit informasi tentang cara mengaktifkan sinkron Mi Cloud. Dengan mengaktifkan sinkron Mi Cloud dan Galeri, maka akan mudah menemukan foto dan video yang disembunyikan. Mohon maaf jika ada yang kurang dalam penyampaian saya, karena jika saya sampaikan secara detail. Maka, artikel ini akan sangat panjang. Ada sesuatu yang perlu ditanyakan, silahkan tulis di kolom komentar.

loading...
  • Eva

    foto2ku di galeri sebagian ilang dan ada tulisan album telah otomatis dicadangkan. itu cara mulihinnya supaya foto kita ada semua gimana ya?

    • Sudah ditulis pada artikel sebelumnya. Silahkan ketik “mengembalikan foto dari Mi Cloud” di kolom pencarian blog ini.