Pengalaman Menggunakan Xiaomi Redmi 3 Pro/Prime

Adyblog.com – Sebelumnya saya pernah menuliskan pengalaman menggunakan Xiaomi Mi Max. Hingga saat ini saya masih menggunakan Mi Max karena beberapa alasan. Jika kalian ingin tahu silahkan baca pengalaman saya menggunakan Mi Max, karena disini saya akan berbagi pengalaman menggunakan Xiaomi Redmi 3 Pro atau Prime.

Xiaomi Redmi 3 Pro resmi masuk Indonesia dengan nama Redmi 3 Prime. Mengapa? Dari semua sektor Redmi 3 Pro dan Prime sama saja. Redmi 3 Pro sudah lama masuk Indonesia lewat jalur online, sedangkan Redmi 3 Prime resmi masuk Indonesia melalui situs marketplace Blibli. Kebetulan saat itu saya membeli yang warna abu-abu dengan harga Rp 2,2 juta saat pertama masuk Tanah Air.

Pengalaman Menggunakan Xiaomi Redmi 3 Pro/Prime

Pengalaman Menggunakan Xiaomi Redmi 3 Pro/Prime

Dari pengalaman ini mungkin teman-teman ingin tahu semua kelebihan dan kekurangan Redmi 3 Pro hingga saya menjual smartphone ini. Saya akan cerita dari awal membeli hingga akhirnya menjual smartphone ini.

Sebelum membeli Redmi 3 Prime saya telah memiliki Redmi Note 3. Salah satu alasan saya membeli Redmi Note 3 adalah kamera yang dimiliki smartphone dibawah 2 juta ini. Kebetulan saat itu saya suka buat video, merekam layar hp, bermain game dan semua kegiatan itu saya upload ke Youtube. Saat itu Redmi Note 3 Pro 16 GB garansi resmi dengan harga Rp 2,5 jutaan. Saya memang lebih suka produk garansi resmi.

Kembali ke cerita Redmi 3 Prime. Saat itu saya melihat Redmi 3 Prime muncul di salah satu situs belanja online, dan saya mencari info tentang ponsel ini. Ternyata Redmi 3 Prime adalah Redmi 3 Pro yang resmi masuk Indonesia. Saya cek spesifikasi dan melihat memang sama dengan Redmi 3 Pro. Saya pun berniat ingin membeli dan menjual Redmi Note 3 saya kepada salah seorang teman.

Alasan saya lebih memilih Redmi 3 Prime adalah memori internal yang sudah 32 GB. Keluhan saya pada Redmi Note 3 sebelumnya yaitu masalah memori internal yang hanya 16 GB. Ruang penyimpanan ponsel ini benar-benar bikin susah, memang ada slot microSD. Tapi saya menggunakan 2 SIM card, bagaimana bisa menggunakan microSD. Walaupun bisa, menggunakan memori eksternal pastinya memiliki kekurangan.

Saya menjual Redmi Note 3 dan membeli Redmi 3 Prime.

Pengalaman Menggunakan Xiaomi Redmi 3 Pro/Prime
Hasil kamera Xiaomi Redmi 3 Prime Indonesia

Smartphone ini keren bagi seseorang yang suka bikin video dan fotografi. Redmi 3 Pro memiliki kamera yang bagus dengan kecepatan mengambil fokus yang luar biasa menurut saya. Tidak hanya objek yang kecil, ponsel ini juga bisa mengambil fokus dari objek yang besar dengan sangat cepat. Maklum saja, teknologi PDAF yang dimiliki Redmi 3 Prime diklaim mampu mengambil fokus hanya dalam waktu 0,3 detik.

Menurut saya semua oke, memori internal, hardware, kamera, baterai, ukuran layar dan bodi semua oke. Tapi, ternyata saya masih menemukan celah kekurangan ponsel ini bagi saya. Ingat ya! Ini bagi saya sesuai kebutuhan saya.

Redmi 3 Prime/Pro ini memiliki resolusi 1280 x 720 piksel alias HD. Resolusi ini bagi saya kurang mendukung aktivitas saya yang bermain dengan apliaksi edit foto dan video. Saat itu saya menggunakan aplikasi KineMaster, PowerDirector dan lainnya dengan versi pro atau berbayar. Semua fitur lengkap menggunakan aplikasi versi premium.

Tapi, resolusi layar yang cuma HD membuat saya tidak bisa memproduksi video dengan kualitas Full HD (1080 x 1920). Pada aplikasi KineMaster tidak tersedia layar video dimana saya tidak bisa memasukkan 2 video pada layer yang berbeda. Sebagai contoh saya ingin memasukkan video gameplay dan video green screen. Tanpa layer video mengedit video green screen tidak akan bisa.

Itulah alasan mengapa saya menjual kembali Redmi 3 Prime dan membeli Xiaomi Mi Max 64 GB.

Meskipun kekurangan ini tidak masalah, namun kembali kepada kebutuhan masing-masing. Jika kamu mementingkan resolusi layar, suka edit video, mungkin kita akan memiliki pemikiran yang sama. Namun, jika kamu tidak mementingkan kualitas layar yang cuma HD. Smartphone ini recommended banget deh. Kamera, internal memory dan performa bisa diandalkan. Hardware ponsel ini mendukung game berat, cocok untuk kamu yang suka bermain game ponsel.

Hasil kamera Redmi 3 Prime bisa kamu lihat pada gambar yang ada di posting ini. Gambar itu saya ambil sore menjelang magrib dengan filter neon. Kamu bisa lihat fokusnya dapat. Setelah keluarga Xiaomi Mi 4i, Redmi 3 Prime termasuk hp Xiaomi yang memiliki hasil kamera yang bagus.

Demikian pengalaman saya menggunakan Xiaomi Redmi 3 Pro/Prime. Semoga dengan cerita ini bisa menjadi bahan masukan bagi teman-teman yang sedang mencari referensi sebelum membeli Redmi 3 Pro. Jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan, silahkan tulis di komentar.

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *