Beranda Tips Trik Teknik Foto Malam dengan Smartphone Xiaomi

Teknik Foto Malam dengan Smartphone Xiaomi

2691
0

Adyblog.com – Xiaomi adalah salah satu produsen smartphone yang mulai populer di Indonesia. Perusahaan asal Tiongkok ini telah menciptakan banyak smartphone berkelas dengan harga murah. Meski tidak memfokuskan pada kamera, namun setiap smartphone yang diciptakan memiliki kamera yang tidak bisa dianggap enteng.

Nah, bicara tentang kamera smartphone Xiaomi, tentu banyak pengguna yang ingin mengetahui teknik fotografi menggunakan smartphone mereka. Apakah itu foto bokeh atau foto di malam hari. Disini saya akan coba berbagi tips atau teknik fotografi Xiaomi di malam hari.

Teknik Foto Malam dengan Smartphone Xiaomi

Sebelumnya, teman-teman Mi Fans harus tau bahwa smartphone Xiaomi bukan yang terbaik dalam mengambil foto di malam hari. Hal ini sudah bukan rahasia lagi, karena memang smartphone mereka tidak hanya fokus pada kamera, tapi juga merata secara keseluruhan.

Pada kondisi cahaya yang minim memang Xiaomi bukan ahlinya, tapi bukan berarti kita tidak bisa menghasilkan foto yang bagus di malam hari. Jika kamu pengguna Xiaomi Mi 4i, mungkin patut berbahagia karena untuk ponsel kelas menengah Mi 4i adalah juaranya dalam hal fotografi.

Baiklah, berikut teknik mengambil foto di malam hari menggunakan Xiaomi.

Gunakan mode manual

Menggunakan mode manual kita bisa mengatur pencahayaan sesuai keinginan. Memotret di malam hari tentu harus dengan pencahayaan maksimal, selain itu kita juga harus meminimalkan noise yang dihasilkan oleh cahaya terang di malam hari.

Teknik Foto Malam dengan Smartphone Xiaomi
Hasil foto mode manual (Imbangan putih – Berawan)

Pada mode manual kita bisa mengatur Imbangan putih yang sesuai dengan cahaya saat itu. Selain itu, ada pula pilihan Imbangan putih yang bisa di set manual.

Gunakan mode HHT

Mode Handheld Twilight (HHT) bekerja untuk mengoptimalkan gambar pada kondisi cahaya rendah. Jadi, mode ini akan mengambil gambar secara berurutan dan mengambil satu gambar yang telah dioptimalkan.

Teknik Foto Malam dengan Smartphone Xiaomi
Hasil foto menggunakan mode HHT

Mode HHT juga baik dalam meminimalisir adanya noise ketika kita mengambil gambar saat gambar diambil dibawah sinar lampu. Mode ini akan bekerja maksimal jika kita juga mengaktifkan fitur HDR ketika memotret dibawah cahaya.

Teknik Foto Malam dengan Smartphone Xiaomi
Hasil foto dengan HDR diaktifkan

Mode HDR baik digunakan untuk memotret pada cahaya backlight, atau kamera menghadap cahaya. Bisanya mode ini pilihan terbaik saat memotret orang yang berada pada latar belakang sunset.

Aktifkan Flash

Jika kamu mengambil foto dalam kondisi cahaya sedikit gelap, maka menggunakan flash adalah solusinya. Namun perlu kamu perhatikan bahwa penggunaan flash terkadang salah. Jika kamu mengaktifkan flash, harap perhatikan letak jari ketika kamu memegang smartphone.

Pasalnya, cahaya yang dihasilkan flash sangat terang sehingga jika jari kamu dekat dengan LED flash, maka pantulan cahaya tersebut malah membuat hasil foto terlihat jelek. Namun untuk mode ini tidak ada contoh karena memotret monitor tidak bisa menggunakan flash.

Pada dasarnya, di Xiaomi tidak banyak setting kamera yang harus kamu atur, karena semua sudah di set otomatis. Pun begitu tetap ada pilihan manual untuk menyesuaikan.

Teknik mengambil foto yang bagus di malam hari menggunakan Xiaomi terbatas pada jenis smartphone yang kamu gunakan. Selain itu juga tergantung pada kondisi cahaya sekitar. Jadi, saran saya gunakan mode manual dan pilih Imbangan putih yang sesuai, atau kamu bisa menggunakan Imbangan putih manual.

Demikian informasi tentang teknik mengambil foto malam menggunakan Xiaomi. Jika ada yang perlu ditanyakan, silahkan tulis di kolom komentar.

loading...