Cara Mengembalikan Foto dan Video yang Tersembunyi di Xiaomi

Cara Mengembalikan Foto dan Video yang Tersembunyi di Xiaomi

Adyblog.com – Banyak dari teman-teman Mi Fans dan pengguna Xiaomi lainnya yang mengalami kesulitan untuk menampilkan foto atau video tersembunyi di Xiaomi. Awalnya mungkin ingin mencoba saja, namun setelah file disembunyikan, ternyata mengembalikannya tidak semudah yang dibayangkan. Tidak sedikit yang merasa kecewa dan berujung penghapusan file. Hal ini tentu sangat merugikan. Saya harap kamu membaca artikel ini dengan teliti agar cara ini berhasil.

Menampilkan hidden album di Xiaomi sebenarnya mudah saja karena yang tersulit bukan menampilkan album tersembunyi, melainkan adalah mengembalikan foto/video yang sudah di hidden. Nah, disini akan saya jelaskan agar kamu bisa menampilkan dan mengembalikan file tersembunyi di Xiaomi.

Menampilkan dan Mengembalikan Album Tersembunyi di Xiaomi

Cara Mengembalikan Foto dan Video yang Tersembunyi di Xiaomi

Saya akan jelaskan terlebih dahulu cara menampilkan album tersembunyi di Xiaomi berikut ini.

  1. Masuk ke Pengaturan/Setelan.
  2. Pilih Apl Sistem, Galeri dan selanjutnya aktifkan bagian “Tampilkan album tersembunyi”.
  3. Kembali ke menu awal, buka Galeri, pilih Cloud. Selanjutnya  tekan layar dan tahan sambil gulir ke bawah.
  4. Masukkan sandi/pola untuk mengakses album tersembunyi. Untuk pertama kali kamu akan diminta untuk memasukkan password (pola) yang akan kamu gunakan nantinya setiap ingin masuk ke album tersembunyi.
  5. Setelah mengikuti semua langkah diatas, maka kamu akan melihat file tersembunyi.

Menampilkan album tersembunyi sudah dilakukan dan caranya sangat mudah sekali. Selanjutnya saja akan menjelaskan cara mengembalikan file tersembunyi.

Baca juga  Cara Aman Menyembunyikan File di Xiaomi Agar Tidak Hilang

Mengembalikan foto dan video tersembunyi

  1. Masuk ke Galeri, pilih Cloud.
  2. Selanjutnya masuk Pengaturan dengan meng-klik ikon roda gigi di sudut kanan atas layar. Kemudian matikan bagian “Hanya pakai Wi-Fi sinkron foto”. Kamu bisa lihat contohnya pada gambar dibawah ini.

cara mengembalikan foto tersembunyi

Mengapa harus demikian? Nah, ketika kamu menyembunyikan foto atau video di galeri. Maka, file tersebut akan diantrikan untuk selanjutnya di upload  ke Mi Cloud. Dengan mengikuti cara nomor 2 diatas maka kamu akan mengizinkan sinkronisasi atau upload file yang disembunyikan ke Mi Cloud. Bingung? Berikut penjelasannya.

Dengan menyembunyikan file (foto/video) melalui galeri. Maka, file tersebut akan otomatis di upload ke Mi Cloud. Nah, untuk mengembalikan file tersebut kita harus unduh atau download file tersebut dari Cloud. Caranya mudah, masuk ke Galeri, pilih Cloud dan pilih file tersembunyi yang ingin dikembalikan dengan cara buka salah satu file tersembunyi, ketuk layar satu kali untuk menampilkan menu di bagian bawah foto atau video. Kemudian pilih Unduh.

Jika kamu menemukan masalah saat memilih unduh. Hal tersebut disebabkan oleh file tersebut yang belum sinkron ke Mi Cloud. Oleh sebab itu saya menyarankan untuk sinkron album tersembunyi (cara no 2), tidak hanya menggunakan Wi-Fi saja melainkan juga melalui jaringan seluler. File tersembunyi baru bisa dikembalikan setelah file tersebut sudah sinkron dengan Mi Cloud.

Baca juga  Cara Mengaktifkan Dark Mode Instagram di Xiaomi

UPDATECara Menampilkan Album Foto Tersembunyi di MIUI 8

Cara yang saya sampaikan disini bisa digunakan pada Xiaomi Mi4i, Redmi 2, Redmi 3, Redmi Note 3 dan smartphone Xiaomi lainnya. Punya sesuatu untuk ditanyakan? Silahkan bertanya melalui kolom komentar dibawah. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke sosial media. Salam.

UPDATE: Biar aman dan nggak takut hilang file yang disembunyikan, coba Cara Aman Menyembunyikan File di Xiaomi Agar Tidak Hilang.

Loading...

22 KOMENTAR

  1. saya pengguna xiaomi redmi 3 pro.. saya kemarin menyimpan foto ke album tersembunyi, namun dalam keadaan offline.. dan pas sekarang cek album tsb, ternyata semua fotonya menghilang.. bagaimana cara mengembalikan foto yg hilang tsb? makasih infonya..

    • Biarkan saja dulu mas, pastikan sinkron Mi Cloud aktif dan terhubung dengan internet. Biasanya dalam hal ini foto sedang dalam antrian untuk di sinkron ke Mi Cloud. Atau mungkin mas bisa atur sinkronisasi Menggunakan jaringan apapun. Dan, yang lebih penting mas sudah aktifkan / membuat album tersembunyi di Galeri.

  2. Saya pengguna xiaomi mi max
    Gimana cara nya menampilkan foto yang di sembunyikan dari explorer???bkn galeri…
    Saya sudah mencoba cara seperti cara yang di papar kan tetapi tetap tidak muncul jg,kl di sembunyikan dari galeri tuh bs muncul di cloud…kl di sembunyikan dari explorer ga dpt gan

  3. Awalnya file video di galeri, setelah saya sinkron kan dengan mi cloud, file video berubah jadi gambar/.jpg.
    Bagaimana mengembalikan file video tersebut? Mohon bantuannya.

  4. Saya pakai redmi note 3 pro, saya ada sembunyikan beberapa file foto, tapi tidak bisa di kembalikan lagi, saya sudah coba cara diatas, saya kebingungan di point no 3, mohon bantuannya ?

  5. Mas file saya yang di sembunyikan di hapus sama temen,,,cara mengembalikan ny gmn mas ?
    Mohon bantuannya

    • Coba mas cek lagi file-nya di Mi Cloud. Caranya sudah saya tulis di artikel lain. Coba mas ketik “Mi Cloud” di kolom pencarian blog ini untuk menemukan artikelnya.

  6. Gan, saya kan lupa pola buat buka hidden album di redmi note 2 , itu caranya gimana ya , udah di salahin sampe 5 kali bahkan lebih tapi tetep aja ga ada gambar roda bergerigi , tolong bantuanya ya gan..

  7. Saya mau tanya donk saya kan pake xiomi redmi 4a kok video d galeri saya tidak bsa d buka yahh selalu seperti ini kalo mw d buka ada tulisan”pengunduhan di jeda akan dilanjutkan apabila wifi tersedia” mohon banruannya yah biar bisa d buka lgi

    • Itu karena setelah unduhan di Galeri hanya wifi saja. Matikan atau atau udah ke jaringan apapun. Coba ubah dari Pengaturan sistem>Galeri juga lewat Mi Cloud.

      • kasus sy sama udah d matikan juga padahal… tp klo ada wifi dia ya loading dl lamaaa baru video bs mutar

  8. Udah d ubah mas tpi msihh gak bisa d buka jga udh d aktfkan cadangkan pke data selulet atw apa pun tpi ttp gak bsa jga,,, pas d cek d berkas media kok gak ada yahh videonya tpii d galeri ada.. Udh d ubahh ttp aja dy blik lg hrs pke wifi.. Mi cload’y udh penuh

  9. gan, saya sembunyiin foto di xiaomi note 3 pro, di enkripsi. nah, dalam persembunyiaan terenkripsi itu lalu saya hapus. kirakira bagaimana ya untuk balikinnya. makasih sebelumnya.

    • Seharusnya foto tersebut di Tampilkan (unhide). Jika dihapus foto tidak bisa dikembalikan lagi. Meski begitu coba cek di Mi Cloud atau Google foto, kali aja foto tersebut disinkron tanpa agan sadari.

Ada Komentar?