Beranda Xiaomi Kelebihan dan Kekurangan Ruang Kedua di Xioami

Kelebihan dan Kekurangan Ruang Kedua di Xioami

13237
2

Adyblog.comKelebihan dan kekurangan ruang kedua atau second space di Xiaomi. Seperti yang kita ketahui sebelumnya tentang fitur-fitur yang ada di MIUI 8. Sekarang saatnya saya akan membahas salah satu dari fitur tersebut, yakni Ruang Kedua (Second space). Ya, sejak peluncuran MIUI 8 yang membawa fitur keren ini banyak yang bertanya seputar ruang kedua, terutama tentang kekurangan fitur ini.

Disini saya akan membahas seputar kelebihan dan kekurangan second space di Xiaomi berdasarkan pengalaman menggunakan Xiaomi. Ruang kedua adalah salah satu fitur unggulan MIUI 8 yang belum pernah ada pada antarmuka smartphone lain. Tidak tahu kenapa Xiaomi memasukkan fitur ini kedalam sistem UI mereka, MIUI 8. Jika kita lihat secara fungsinya, second space ini bisa dimanfaatkan untuk banyak hal. Apa saja kelebihan dan kekurangannya? Mari simak penjelasannya berikut ini:

Kelebihan dan Kekurangan Ruang Kedua di Xioami

Kelebihan dan Kekurangan Ruang Kedua di Xioami

Saya akan mulai dari kelebihan ruang kedua di Xiaomi. Ruang kedua berarti ruang lain dari sebuah smartphone Xiaomi yang mirip dengan ruang pertama. Dengan kata lain kita seperti memiliki 2 buah smartphone dalam satu perangkat. Jika teman-teman menggunakan ruang kedua maka kalian akan melihat tampilan baru seperti pertama kali menggunakan hp Xiaomi. Tidak ada aplikasi selain aplikasi bawaan yang berarti kalian harus men-download aplikasi baru seperti pertama menggunakan ponsel Xiaomi.

Kegunaan ruang kedua bisa bermacam-macam sesuai dengan maksud dan keinginan. Jika kalian ingin sebuah tampilan smartphone sederhana untuk diakses oleh banyak pengguna. Maka, mengaktifkan ruang kedua adalah solusinya. Meskipun ada menu khusus untuk beralih antar ruang di Xiaomi. Namun, Xiaomi memasukkan fitur pengunci, yaitu pengguna bisa mengunci ruang kedua agar seseorang yang mengakses ruang tersebut membutuhkan sandi untuk memasukinya.

Selain itu, jika kalian ingin isi dalam smartphone aman dari akses pengguna lain. Kalian bisa mengaktifkan ruang kedua dimana setiap ada yang ingin menggunakan ponsel yang kalian punya, mereka hanya menggunakan ruang kedua yang tidak diisi banyak file dan aplikasi. Contohnya, smartphone kalian dimainkan oleh teman atau adik-adik. Persiapkan ruang kedua untuk mereka yang berisi sedikit aplikasi dan file seperti game anak-anak, foto-foto keluarga dan teman-teman, serta file lainnya yang bersifat publik.

Ruang kedua juga bisa menjadi pengganda aplikasi. Ya, meskipun di Xiaomi ada fitur aplikasi ganda. Namun, dengan mengaktifkan ruang kedua akan membuat pengguna lain tidak melihat adanya aplikasi ganda. Biasanya saya menggunakan ruang kedua ketika smartphone akan dimainkan oleh keponakan saya. Ruang kedua hanya saya isi dengan beberapa aplikasi dan game untuk anak-anak. Jadi, ruang pertama tetap aman dari jangkauan mereka.

Selanjutnya kekurangan ruang kedua di Xiaomi. Bicara kekurangan sudah jelas soal penyimpanan. Ruang kedua akan menggunakan ruang penyimpanan setidaknya setengah dari penyimpanan ruang pertama. Artinya, ruang penyimpanan akan diakses oleh aplikasi sistem seperti pada ruang pertama. Mungkin kalian pernah melihat bagaimana penyimpanan digunakan oleh sistem ketika pertama kali menggunakan. Jadi, jangan heran jika memori internal 16 GB hanya tersisa maksimal 11 atau 12 GB saja.

Sama dengan ruang pertama, ruang kedua juga menggunakan penyimpanan oleh sistem. Hanya saja maksimal 1 GB saja digunakan oleh sistem. Performa smartphone juga sedikit menurun jika mengaktifkan ruang kedua. Ya, walaupun hanya menurunkan beberapa persen saja.

Apakah sebaiknya kita menggunakan ruang kedua? Semuanya kembali kepada teman-teman, untuk apa ruang kedua diaktifkan tergantung dari kalian sendiri mau digunakan untuk apa. Jika smartphone kalian hanya digunakan oleh kalian sendiri, untuk apa ruang kedua diaktifkan. Atau, tidak ada file private yang tidak ingin diakses, untuk apa ruang kedua diaktifkan? Jika hanya untuk mengamankan file saja, sebaiknya gunakan pengunci aplikasi saja.

Mengaktifkan ruang kedua sebaiknya pada perangkat yang memiliki kapasitas penyimpanan internal besar saja. Misalnya pada perangkat yang memiliki ruang penyimpanan setidak 32 GB. Jika hanya 16 GB, maka ruang akan semakin sempit karena di isi oleh aplikasi dan game serta file-file lainnya.

Demikian informasi tentang kelebihan dan kekurangan ruang kedua di Xiaomi ini. Semoga informasi ini memberi banyak manfaat dan menambah pengetahuan tentang second space di Xiaomi. Jika ada sesuatu yang ingin disampaikan, silahkan tulis di kolom komentar. Salam Mi Fans.

loading...
  • Rigami Shirasawa

    Kak kalo semisal ruang kedua itu untuk hal” yang berbau ” Root ” (rooted device) apa berpengaruh juga di perangkat yang pertama (?)
    Kan kalo di-root itu system nya bukan perangkat 1 sama 2

    • Belum pernah coba di root sih.. Tapi menurut saya kalau di root untuk sistem, jadi ruang pertama dan kedua tetap di root. Ini menurut saya, ya!