Cara Setting Kamera Xiaomi Agar Hasil Foto Seperti Kamera DSLR

Hasil foto kamera DSLR pasti kamu sudah tahu kan sob? Ya, hasil foto yang fokus pada objek dengan latar belakang blur. Foto seperti ini memang mudah dihasilkan dari kamera yang memiliki lensa yang panjang dimana kita bisa dengan mudah memutar lensa untuk menentukan fokus.

Bagaimana jika foto blur background ini dihasilkan dari smartphone seperti Xiaomi? Emang bisa? Ya, Xiaomi merupakan salah satu smartphone yang setting kameranya paling mudah. Hanya dengan beberapa langkah mudah kita bisa menghasilkan foto blur (bokeh) di bagian background. Mari kita simak caranya disini.

Cara Membuat Foto Blur Background Menggunakan Kamera Xiaomi

Cara Membuat Foto Blur Background Menggunakan Kamera Xiaomi

Sebelumnya memulai menghasilkan foto blur di latar belakang. Ada baiknya saya memberi jawaban atas banyaknya pertanyaan tentang ponsel Xiaomi yang bagus untuk foto. Jawabannya adalah Xiaomi Mi4i. Mengapa? Akan saya jelaskan nanti di bagian akhir artikel. Sekarang lanjut ke cara mengambil foto blur background dengan Xiaomi.

Tentukan objek foto

Advertisement

Banyak orang mengeluh karena mereka tidak bisa menghasilkan foto blur di bagian background dengan menggunakan smartphone mereka. Hal ini tentu lumrah dimana kamera smartphone biasa tidak memiliki lensa yang panjang seperti smartphone jenis Zoom. Untuk menghasilkan foto bokeh kamu harus menentukan objek sob.

Objek yang kamu foto haruslah berupa benda yang tidak memiliki ukuran sebesar manusia. Meskipun bisa blur di bagian background foto tersebut. Namun, hasilnya tentu tidak sempurna seperti menggunakan kamera DSLR. Bahkan kamu tidak bisa melihat bahwa foto tersebut blur di latar belakangnya.

Jarak kamera dengan objek

Umumnya kamera smartphone memiliki jarak maksimal 1 meter antara kamera dan objek agar kamera bisa menangkap fokus dengan baik sehingga menghasilkan foto bokeh yang bagus. Cobalah untuk mengambil foto dengan mengubah jarak yang tepat agar kamera smartphone kamu bisa mendapatkan fokus yang tepat sesuai yang kamu inginkan sob.

Pertahankan kestabilan kamera

Mustahil smartphone yang kamu pegang tidak bergerak sama sekali ketika ingin mengambil gambar. Untuk kamera smartphone Xiaomi pasti memiliki kekurangan, dan jangan kamu tambahkan lagi dengan mengambil gambar dalam keadaan smartphone tidak stabil. Gunakan tripod atau letakkan smartphone pada bidang datar dan kokoh agar smartphone tidak goyang.

Manfaatkan timer untuk mengambil gambar. Hal ini mencegah smartphone goyang saat kamu menekan tombol shutter. Akibat dari goyangan tersebut akan membuat hasil foto tidak bisa mendapatkan fokus terbaiknya. Alhasil, di bagian pinggir objek akan terlihat kabur, tidak tajam karena akibat dari smartphone yang goyang. Selain timer, kamu bisa menggunakan perintah suara untuk mengambil gambar. Pada beberapa ponsel Xiaomi fitur ini tersedia dan bisa kamu gunakan untuk menghasilkan foto bokeh yang keren.

Setting kamera

Meski semua smartphone Xiaomi memiliki fitur kamera yang berbeda. Namun, ada beberapa fitur yang dimiliki hampir semua smartphone besutan Tiongkok ini. Salah satu contohnya adalah HHT. Ya, fitur ini berguna saat mengambil foto di malam hari. Kamu hanya perlu mengaktifkan fitur ini untuk mendapatkan foto malam yang bagus. Selain itu, kamu bisa setting ISO antara 100-400 untuk foto malam hari atau dibawah cahaya lampu malam.

Dalam kondisi cukup atau kurang cahaya, sebaiknya selalu gunakan mode manual serta matikan keseimbangan putih. Saat malam hari, mengaktifkan mode HHT saya rasa sudah cukup untuk menghasilkan foto yang jernih. Sedangkan ketika siang hari dengan pencahayaan yang cukup memadai. Kamera Xiaomi tidak perlu banyak settingan karena kamera ponsel ini tidak perlu diragukan lagi. Berikut ini saya masukkan contoh foto dengan mode HHT saat malam hari menggunakan Xiaomi Redmi Note 3.

Cara Membuat Foto Blur Background Menggunakan Kamera Xiaomi

Untuk menghasilkan foto yang bagus dari Xiaomi kamu hanya perlu mengetahui setting pada kondisi cahaya yang tepat serta menjaga kestabilan kamera agar tidak goyang saat pengambilan.

Dari beberapa smartphone keluaran Xiaomi, saya menyimpulkan bahwa kamera Xiaomi Mi 4i adalah yang terbaik. Saya sudah mencoba beberapa smartphone dan hasilnya sama, yaitu kamera Mi 4i lah yang memiliki kemampuan mengambil gambar yang baik. Belum lagi foto long exposure yang bisa dihasilkan kamera ponsel ini dengan sempurna.

Demikian artikel tentang Xiaomi kali ini. Next time saya akan kembali dengan artikel lain seputar tips trik Xiaomi untuk kalian semua sob.

Advertisement
Loading...

Tinggalkan Komentar