Aplikasi Android Buat yang Ingin Jadi Youtuber

Aplikasi Android Buat yang Ingin Jadi Youtuber

Adyblog.con – Bagi teman-teman yang ingin jadi youtuber, kalian jangan merasa menjadi youtuber itu harus punya alat-alat mahal, harus punya modal besar. Tidak harus seperti itu karena kita bisa memaksimalkan apa yang punya. Misalnya kalian sudah punya smartphone dan ingin jadi youtuber. Hebat sob, kalian sudah punya modal penting untuk menjadi seorang youtuber. Kalian hanya butuh alat-alat dan aplikasi pendukung untuk mewujudkan keinginan kalian sob.

Namun, disini saya tidak akan menyampaikan alat-alat yang digunakan, karena menurut saya punya smartphone saja sudah cukup untuk menjadi seorang youtuber. Dan, pastinya koneksi atau internet. Saya akan bahas lengkap aplikasi apa saja yang digunakan untuk memulai channel youtube kalian sob. Harap dibaca semua dan jangan lompat-lompat ya sob karena selain aplikasi yang saya sebutkan, ada banyak saran aplikasi yang juga saya sebutkan dalam artikel ini.

Aplikasi Android Buat yang Ingin Jadi Youtuber

Aplikasi Android Buat yang Ingin Jadi Youtuber

Disini saya anggap kalian semua sudah punya channel atau sudah membuat channel youtube karena saya tidak menjelaskan disini bagaimana cara membuat channel youtube. Sedangkan untuk smartphone atau tablet yang digunakan saya menyarankan device kalian memiliki spesifikasi resolusi layar 1080 x 1920 pixel, kamera belakang minimal 8 MP, prosesor quad-core, RAM 2 GB serta grafis yang lumayan seperti GPU Andreno 405.

Sedangkan untuk kategori atau topik channel bisa semua topik, karena saya memasukkan aplikasi beserta penjelasan terkait topik channel youtube kalian sob, baik itu tutorial, game, vlog dan lainnya.

Agar lebih mudah memahami aplikasi apa saja yang akan kita gunakan. Disini saya sudah mengelompokkan aplikasi kedalam beberapa kategori seperti berikut:

Aplikasi perekam video dan perekam layar

Cinema FV-5

Ini merupakan aplikasi perekam video terbaik untuk Android yang juga bisa kalian gunakan sebagai aplikasi perekam video untuk membuat film. Lebih detail tentang penjelasan aplikasi ini sudah saya tulis dalam artikel sebelumnya. Beberapa keunggulan aplikasi Cinema FV-5 adalah pengunci cahaya dan fokus serta pengaturan kecerahan. Dan, menariknya lagi aplikasi ini mampu mereka video hingga kualitas 4K (untuk versi Pro).

AZ Screen Recorder

Selain aplikasi perekam video, kita juga membutuhkan aplikasi perekam layar Android terbaik. Saya memilih AZ Screen Recorder karena merupakan salah satu aplikasi terbaik untuk merekam layar ketika bermain game atau membuat video tutorial Android. Cara menggunakan AZ Screen Recorder sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya, silahkan baca disini. Selain itu, kita juga punya pilihan merekam layar tanpa menggunakan aplikasi. Contohnya dengan memanfaatkan fitur perekam layar yang ada pada aplikasi bawaan Google, yaitu Play Game. Aplikasi ini bisa merekam pada perangkat Android yang menjalankan versi Android 5.0 keatas.

Selain aplikasi AZ Screen Recorder, kita juga bisa menggunakan aplikasi perekam layar lainnya sob, seperti Mobizen, GameDuck atau yang lebih sederhana adalah Lollipop Screen Recorder.

Aplikasi Edit Video Android

KineMaster Pro

KineMaster adalah aplikasi video editor terbaik yang ada saat ini. Bahkan saya sudah mencoba hampir semua aplikasi edit video dan memutuskan KineMaster adalah rajanya. Memiliki fitur lengkap untuk sebuah alat yang digunakan dalam mengedit video profesional. Namun, seperti yang saya jelaskan diatas tadi, untuk mendapatkan fitur lengkap kalian harus memiliki perangkat dengan resolusi Full HD 1080 x 1920 pixel. Jika tidak, maka fitur layer video tidak akan tersedia. Fitur ini sangat penting ketika kalian ingin memasukkan 2 video kedalam 1 video, atau membuat video green screen.

Meski menjadi yang terbaik, KineMaster tetap memiliki kekurangan, yaitu tidak bisa secara langsung ekspor video pada resolusi 1080p. Namun, kalian bisa mengedit dengan menggunakan aplikasi pengubah ukuran video. KineMaster mendukung untuk mengubah ke resolusi 1080p dengan menggunakan aplikasi lain, misalnya aplikasi Format Factory Android. Selain itu, aplikasi ini adalah aplikasi berlangganan, kalian bisa membeli dengan pulsa jika tidak memiliki kartu kredit.

PowerDirector

Jika apliaksi KineMaster terlalu mahal untuk biaya berlangganan, kalian bisa gunakan aplikasi dari Cyberlink ini. Bisa gunakan versi gratis dan tersedia juga versi pro. Meski tidak sehebat KineMaster, namun aplikasi ini sudah cukup baik untuk seorang youtuber. Fitur aplikasi lengkap, hanya saja pengaturan tiap-tiap fitur tidak selengkap yang ada pada KineMaster.

Selain aplikasi edit video diatas, kalian masih memiliki pilihan seperti VideoShow. Aplikasi ini juga cukup baik dalam mengedit video, cuma agak susah dalam mengedit klip seperti memotong video pada menit tertentu. Kalian juga bisa menggunakan aplikasi video editor serupa seperti VivaVideo. Menurut saya aplikasi ini tidak jauh berbeda dengan VideoShow.

Aplikasi edit foto Android

PicsArt

Aplikasi edit foto juga penting bagi seorang youtuber. Misalnya kalian ingin membuat thumbnail video Youtube yang keren. Maka, aplikasi photo editor yang saya sarankan adalah PicsArt. Penjelasan tentang PicsArt bisa kalian baca pada artikel Cara Edit Foto Menggunakan PicsArt.

PhotoResizer

Seperti namanya, kegunaan aplikasi PhotoResizer sudah pasti mengubah ukuran foto. Misalnya kalian sudah membuat thumbnail menggunakan PicsArt. Silahkan cek apakah gambar yang akan dijadikan thumbnail tersebut sudah memiliki ukuran yang disarankan, yaitu 1280 x 720 atau 1920 x 1080 pixel? Jika belum sesuai, maka aplikasi PhotoResizer akan mengatasinya. Cara menggunakannya juga sangat mudah.

Aplikasi Perekam Suara

Perekam Suara – ASR

Selain aplikasi diatas kita juga memerlukan aplikasi perekam suara. Aplikasi ini berguna saat kita ingin membuat tutorial dan mengisi dengan suara. Memang ada aplikasi bawaan atau pilihan memasukkan rekaman suara pada aplikasi edit video. Tapi, aplikasi maupun fitur bawaan tidak seperti yang diharapkan, kita butuh aplikasi perekam yang memiliki fitur pembuang bising alias noise cancelling. Untuk perekam suara saya menyarankan kalian menggunakan aplikasi Perekam Suaran – ASR.

Apakah masih ada aplikasi lain? Tidak, aplikasi yang saya sampaikan disini sudah lengkap. Mungkin kalian bisa menggunakan aplikasi Android tambahan lain yang dianggap perlu, atau menggunakan aplikasi yang serupa.

Demikian informasi tentang aplikasi Android buat yang ingin jadi youtuber ini yang saya tulis cukup panjang, mungkin cukup membosankan ya sob. Tapi, tak apalah meski sebenarnya sempat kepikiran untuk membuatnya menjadi part 1 dan part 2. Saya harap ini cukup membantu. Dan, jika ada pertanyaan silahkan bertanya dengan meninggalkan komentar. Salam.